Kompas TV lifestyle beauty and fashion

10 Makanan yang Dapat Mencegah Penuaan Dini pada Wajah

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 17:45 WIB
10-makanan-yang-dapat-mencegah-penuaan-dini-pada-wajah
Ilustrasi. Makanan yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah. (Sumber: Dan Gold on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memiliki kulit wajah yang awet muda dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun, seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam mulai muncul. 

Faktor-faktor seperti paparan sinar matahari, stres, dan pola makan yang tidak sehat dapat mempercepat proses penuaan dini.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral.

Dikutip dari laman Healthline, berikut 10 makanan yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Suji untuk Kecantikan, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini!

10 Makanan yang Dapat Mencegah Penuaan Dini pada Wajah

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli kaya akan vitamin A, C, dan E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A membantu regenerasi sel kulit, vitamin C merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas, dan vitamin E menjaga elastisitas kulit.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan omega-3 yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan. Omega-3 juga membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang membuat kulit kenyal dan kencang.

3. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin A, dan vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan kulit, vitamin A membantu regenerasi sel kulit, dan vitamin E menjaga elastisitas kulit.

4. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Likopen juga membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.

5. Delima



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x