Kompas TV lifestyle kesehatan

Selain Kartika Putri, Ini 5 Pesohor yang Kena Stevens Johnson Syndrome, Bahkan Sampai Meninggal

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 17:00 WIB
selain-kartika-putri-ini-5-pesohor-yang-kena-stevens-johnson-syndrome-bahkan-sampai-meninggal
Manute Bol. Ia meninggal di usia 47 tahun pada Juni 2010 lalu karena gagal ginjal dan komplikasi Stevens Jonhson Syndrome (SJS). (Sumber: Sportsnet)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kartika Putri akhirnya membeberkan bahwa dirinya mengidap penyakit Stevens Johnson Syndrome dimana kulit wajahnya mengalami luka melepuh atau kebakar.

Hal ini dikatakan Kartika Putri usai dirinya memeriksakan kondisinya ke RS yang berada di Singapura, seraya membagikan pengalamannya selama mengidap Stevens Johnson Syndrome di Instagram pribadi miliknya.

Adapun Stevens Johnson Syndrome merupakan gangguan kulit dan selaput lendir yang langka dan serius.

Baca Juga: Sehatkah Sering Minum Kopi Susu? Berikut Penjelasannya

Kartika Putri tidak mau penyakit yang ia idap itu kemudian turut dirasakan oleh orang lain karena penanganan yang lambat.

"Aku sharing karena aku engga mau kejadian serupa agar kalian cepat respon dan reaksinya, ternyata siapa yang kena syndrom steven jansen ini bisa memburuk," kata Kartika Putri mengutip akun Instagramnya, Senin (26/2/2024).

Selain Kartika Putri ternyata banyak juga para pesohor yang pernah alami Stevens Johnson Syndrome.

1. Al Ghazali

Putra sulung Ahmad Dhani, Al Ghazali pada tahun 2018 pernah seketika pingsan saat berkendara di kawasan Condet, Jakarta Selatan. Dhani khawatir sang anak mengidap Stevens Johnson Syndrome.

"Ya sebenernya dia pergi dalam kondisi tidak sehat, dia lagi sakit, sakitnya itu alergi obat. Saya selalu bilang sama Al untuk fokus sama penyakit itu karena penyakit itu kalau tidak di perhatikan bisa menjurus kepada yang namanya Steven Johnson Syndrome," kata Dhani, kala itu.

2. Manute Bol

Manute Bol adalah bintang NBA yang dikenal karena tubuh raksasanya. Bol meninggal di usia 47 tahun pada Juni 2010 lalu karena gagal ginjal dan komplikasi Stevens Jonhson Syndrome (SJS).



Sumber : Kompas TV, berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x