Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Jenis Minuman Berkalori Tinggi yang Dapat Menaikkan Berat Badan, Apa Saja?

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 01:00 WIB
4-jenis-minuman-berkalori-tinggi-yang-dapat-menaikkan-berat-badan-apa-saja
Ilustrasi. Kenaikan berat badan akibat terlalu sering mengonsumsi minuman manis (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Minuman menyediakan asupan air yang sangat esensial bagi tubuh manusia, dan menjadikannya salah satu elemen penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Sebanyak 75% dari total berat badan manusia terdiri dari air.

Air mineral merupakan pilihan minuman yang baik karena mengandung mineral dalam rentang 100 hingga 500 mg/l, memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, dan lainnya.

Namun, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya air mineral bagi tubuh, membuat mereka lebih memilih minuman yang berkalori tinggi.

Minuman yang berkalori tinggi dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan berlebihan karena kecenderungan memilih rasa manis dibandingkan dengan rasa tawar air mineral.

Mengutip dari Kontan, berikut adalah 4 jenis minuman berkalori tinggi yang dapat menaikkan berat badan.

1. Jus Buah

Jus buah yang ditambah gula dapat menjadi sumber kalori tinggi karena kandungan gula yang signifikan.

Meskipun jus buah memiliki manfaat kesehatan, konsumsi berlebihan tanpa disertai aktivitas fisik yang cukup dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebihan.

Baca Juga: Catat, ini 4 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmu

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, dengan kandungan gula yang tinggi dan kecenderungan tidak memberikan rasa kenyang, dapat menyebabkan peningkatan intensitas makan.

Konsumsi rutin minuman bersoda dapat mengakibatkan peningkatan berat badan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Ahli Gizi: Label "No Sugar" dalam Minuman Kemasan Ternyata Lebih Berbahaya

3. Alkohol

Minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman keras lainnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan atau secara rutin.


 

Hal ini dikarenakan alkohol memiliki kandungan kalori tinggi yang sering kali diabaikan dalam perhitungan harian kalori.

4. Kopi

Kopi yang diberi tambahan banyak krim, gula, dan kalori ekstra dapat memiliki kandungan kalori yang tinggi. Tentu hal ini dapat menyebabkan penumpukan kalori berlebih, yang juga bisa mengganggu keseimbangan gula darah.

Baca Juga: Detoks Alami, Ini 10 Minuman yang Dapat Bantu Bersihkan Usus

Tidak hanya meningkatkan berat badan, konsumsi minuman dengan kalori tinggi dan gula tambahan juga dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal menjadi sangat penting, dengan disarankan untuk membatasi konsumsi minuman yang mengandung kalori tinggi dan gula tambahan.



Sumber : Kontan


BERITA LAINNYA



Close Ads x