Kompas TV lifestyle kesehatan

Detoks Alami, Ini 10 Minuman yang Dapat Bantu Bersihkan Usus

Kompas.tv - 2 Februari 2024, 19:00 WIB
detoks-alami-ini-10-minuman-yang-dapat-bantu-bersihkan-usus
Ilustrasi. Usus kotor atau tidak sehat, dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Ini 10 minuman yang dapat membantu membersihkan usus yang kotor. (Sumber: Brendan Church on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usus kotor atau tidak sehat, dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Tanda-tanda usus kotor antara lain sering merasa kembung, sembelit, mengalami gangguan tidur, hingga berat badan cepat naik.

Dilansir laman Healthline, usus kotor dan tidak sehat dapat meningkatkan resiko penyakit penyakit autoimun, gangguan endokrin, gangguan pencernaan, penyakit kardiovaskular, hingga kanker.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus adalah dengan rutin mengonsumsi minuman yang dapat membantu membersihkannya dari racun dan sisa makanan.

Berikut beberapa minuman yang dapat membantu membersihkan usus secara alami.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman Ini Efektif Meningkatkan Kadar Darah Tubuh, Sudah Coba?

10 Minuman yang Dapat Membersihkan Usus

1. Air Putih

Air putih adalah minuman terbaik untuk membersihkan usus. Air membantu melarutkan racun dan sisa-sisa makanan, sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2022 menunjukkan, orang yang minum lebih banyak air memiliki lebih sedikit bakteri penyebab infeksi saluran cerna dalam organ ususnya.

Selain itu, konsumsi banyak air putih mampu menghidrasi tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh termasuk mencegah sembelit.

Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari untuk menjaga kesehatan usus.

2. Air Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu membersihkan usus dari bakteri jahat dan meningkatkan pencernaan. Rebus irisan jahe dalam air selama 10 menit, kemudian saring dan minum airnya. 

Anda juga bisa menambahkan madu untuk rasa yang lebih manis.

3. Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Campurkan air perasan lemon dengan air hangat dan minumlah di pagi hari sebelum sarapan.

4. Jus Sayuran Hijau



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x