Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Power Nap atau Tidur Singkat Dapat Pulihkan Tubuh, Bisa Dicoba Siang Nanti

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 10:00 WIB
6-manfaat-power-nap-atau-tidur-singkat-dapat-pulihkan-tubuh-bisa-dicoba-siang-nanti
Ilustrasi power nap atau tidur singkat (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Power nap adalah tidur siang singkat dengan durasi 10 hingga 30 menit. Tidur siang ini bertujuan untuk memberikan istirahat singkat dan menyegarkan pikiran tanpa memasuki fase tidur yang dalam.

Walaupun durasinya singkat, power nap dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan untuk kesehatan tubuh dan mental.

Dikutip dari laman American Heart Association, berikut manfaat power nap atau tidur siang singkat untuk kesehatan.

1. Mengurangi kelelahan

Tidur yang sangat singkat tentu saja tidak akan menghilangkan rasa lelah. Namun, cara ini setidaknya bisa sedikit mengurnagi rasa lelah Anda. 

Baca Juga: Waspada “Microsleep”, Tidur Singkat Yang Berbahaya - AYO SEHAT

Power nap dapat berfungsi sebagai reset cepat untuk otak, sehingga membantu mengurangi tingkat kelelahan tersebut.  Selama tidur singkat, tubuh memiliki kesempatan untuk merestorasi energi yang diperlukan untuk mengatasi kelelahan mental. 

2. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Power nap membawa manfaat yang signifikan untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Saat Anda terus menerus mengerjakan tugas yang butuh konsentrasi tinggi, bukan tidak mungkin otak menjadi lelah dan kurang efisien. 

Anda perlu memberikan waktu istirahat lewat power nap. Tujuannya agar otak punya kesempatan untuk rileks dan memulihkan energi.

Alhasil, Anda dapat kembali mengerjakan tugas denganpikiran yang lebih tajam dan produktif. 

3.  Memperbaiki suasana hati

Manfaat lain power nap atau tidur siang singkat adalah memperbaiki suasana hati atau mood yang lebih stabil. Saat kelelahan, orang berpotensi stres hingga mood bisa berubah menjadi negatif.

Apabila memberi tubuh kesempatan untuk istirahat lewat power nap, tingkat stres bisa sedikit berkurang. Dengan begitu, mood bisa membaik dan merasa lebih stabil.

4.  Memperbaiki daya ingat



Sumber : Kompas TV, American Heart Association


BERITA LAINNYA



Close Ads x