Kompas TV lifestyle kesehatan

Teh Bergamot Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, tapi Ada Efek Sampingnya, Apa Saja?

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 19:30 WIB
teh-bergamot-punya-banyak-manfaat-bagi-kesehatan-tapi-ada-efek-sampingnya-apa-saja
Ilustrasi. Teh bergamot atau yang lebih dikenal sebagai teh earl grey, terbuat dari daun teh hitam dan buah pohon citrus bergamia. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh bergamot atau yang lebih dikenal sebagai teh earl grey merupakan jenis teh populer yang disukai banyak orang. Teh ini terbuat dari daun teh hitam dan buah pohon citrus bergamia.

Teh bergamot memiliki rasa yang unik dan menyegarkan karena memadukan teh hitam dan aroma jeruk bergamot yang khas. Hal inilah yang membuat teh earl grey jadi pilihan favorit para pencinta teh.

Namun, tahukah Anda teh bergamot tidak hanya lezat, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan? Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa manfaat teh bergamot untuk kesehatan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Teh Putih, Bikin Awet Muda hingga Turunkan Berat Badan

8 Manfaat Teh Bergamot untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Teh bergamot mengandung flavonoid, senyawa yang membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sakit perut. Kandungan minyak esensial bergamot juga membantu meningkatkan produksi empedu, yang penting untuk pencernaan lemak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Teh bergamot kaya akan flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh bergamot mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Kandungan vitamin C dalam teh bergamot juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan penyakit.

4. Menurunkan berat badan

Teh bergamot dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak lebih efektif. Dilansir jurnal Nutrients, kandungan polifenol dalam teh bergamot dipercaya mampu menurunkan berat badan. 

Proses kerja polifenol dalam menurunkan berat badan melibatkan penghambatan pencernaan lipid, meningkatkan metabolisme lemak, dan mencegah obesitas melalui pengurangan stres oksidatif.

Kandungan kafein dalam teh bergamot juga dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Teh bergamot memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Aroma jeruk bergamot yang khas juga dapat membantu meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

6. Menjaga kesehatan kulit



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x