Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Mengenal Tren Kecantikan Skin Minimalism dan Manfaatnya

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 06:30 WIB
mengenal-tren-kecantikan-skin-minimalism-dan-manfaatnya
Ilustrasi. Skin minimalism adalah konsep perawatan kulit yang sederhana dan terfokus pada kebutuhan utama kulit. (Sumber: Clarissa Watson on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Skin minimalism menjadi tren kecantikan yang semakin diminati. Skin minimalism adalah konsep perawatan kulit yang sederhana dan terfokus pada kebutuhan utama kulit.

Dikutip dari laman comfortzoneskin.com, skin minimalism dianggap lebih efektif dan mudah dipraktikkan. Skin minimalism dilakukan dengan menerapkan empat langkah sederhana saat melakukan perawatan kulit (skincare).

Empat langkah tersebut fokus pada produk yang membersihkan, mengeksfoliasi, melembapkan, dan melindungi kulit. Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah, eksfoliator, pelembap, dan tabir surya.

Baca Juga: Jangan Asal Campur, Ini 9 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan

Meski demikian, Anda juga tetap bisa menggunakan produk lainnya saat sedang menerapkan konsep skin minimalism. Terutama penambahan produk yang memang sedang dibutuhkan kulit, seperti produk untuk mengatasi jerawat atau produk antipenuaan (anti-aging).

5 Manfaat Skin Minimalism

Berikut ragam manfaat menerapkan konsep perawatan kulit skin minimalism.

1. Efisiensi waktu

Efisiensi waktu adalah salah satu manfaat yang dapat diperoleh saat menerapkan skin minimalism. Anda tidak perlu menggunakan banyak produk untuk layering.

Proses layering cukup memakan banyak waktu karena harus membiarkannya menyerap sebelum nanti ditimpa produk lainnya. Bagi yang tidak punya banyak waktu luang, perawatan wajah minimalis tentu sangat efisien diterapkan sebagai rangkaian perawatan kulit. 

Sebab hanya membutuhkan setidaknya 3 hingga 4 produk saja untuk dipakai untuk layering.

2. Efektivitas penggunaan

Ketika menerapkan skincare minimalis, Anda akan fokus merawat kulit sesuai kebutuhan. Dengan demikian, Anda akan cenderung memilih mana produk yang benar-benar berkualitas dan efektif dalam merawat kulit.

3. Ramah lingkungan

Semakin banyak produk yang digunakan, semakin banyak pula sampah kosmetik yang dibuang ke alam. Jika menerapkan skin minimalism, Anda berperan dalam mengurangi sampah yang terbuang. 

Tentunya kebiasaan ini nantinya dapat berdampak baik bagi lingkungan sekitar.

4. Mencegah risiko iritasi

Manfaat lainnya yang perlu diketahui adalah dapat mencegah risiko iritasi. Produk skincare mengandung bahan kimia, sehingga ketika terlalu banyak menggunakannya dapat memicu iritasi.

Apalagi jika banyak mengandung bahan aktif dalam komposisinya. Penggunaan produk perawatan kulit yang lebih sederhana mampu mencegah risiko iritasi karena tidak banyak bahan kimia yang dimasukkan ke kulit. 

Tak hanya itu, kulit pun dapat bernapas lebih lega serta mudah beregenerasi.

Baca Juga: Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare Populer yang Punya 5 Manfaat untuk Kulit Wajah

5. Hemat pengeluaran

Dengan mempraktikkan skin minimalism, Anda juga dapat menghemat pengeluaran. Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk perawatan wajah. Cukup membeli yang benar-benar dibutuhkan saja.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x