Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Jangan Asal Campur, Ini 9 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan

Kompas.tv - 2 Februari 2024, 00:00 WIB
jangan-asal-campur-ini-9-kandungan-skincare-yang-aman-dipakai-secara-bersamaan
Urutan penggunaan skincare malam yang benar agar hasilnya dapat terasa maksimal (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Produk perawatan wajah (skincare) adalah serangkaian produk yang digunakan untuk merawat kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Produk kecantikan ini memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari membersihkan kulit, melembabkan kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, hingga mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Umumnya, skincare mengandung bahan-bahan aktif agar dapat dapat memberikan hasil maksimal. Perlu diingat, tidak semua kandungan dalam skincare dapat dipakai bersamaan.

Terlebih, keduanya memiliki manfaat yang tidak sesuai dengan kebutuhan wajah. Jika salah menggabungkan produk skincare, kulit dapat menjadi iritasi.

Baca Juga: Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare Populer yang Punya 5 Manfaat untuk Kulit Wajah

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut kandungan skincare yang aman digunakan secara bersamaan.

1. AHA dan BHA

Kandungan skincare yang aman dipakai bersamaan adalah AHA dan BHA. Dua bahan aktif ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

AHA (Alpha-hydroxy acid) berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengobati jerawat, menghilangkan bekas jerawat, hingga mencerahkan rona kulit wajah. Sementara BHA (Beta-hydroxy acid) berfungsi untuk membersihkan kulit mati dan mengurangi sebum di wajah, serta mengeringkan jerawat.

Walau keduanya adalah bahan aktif eksfoliator, AHA dan BHA tetap aman dipakai bersamaan. Perpaduan kedua bahan ini ampuh untuk mengatasi masalah kulit kusam, bertekstur, dan warna tidak merata.

2. Retinol dan Hyaluronic Acid

Retinol dan hyaluronic acid menjadi perpaduan sempurna untuk mengatasi kulit kering bertekstur. Kandungan hyaluronic acid yang mampu meningkatkan permeabilitas retinol membuat kombinasi bahan ini ampuh melembabkan dan mengatasi permasalah kulit kering bertekstur.

Retinol baik untuk mengatasi jerawat, menyamarkan bekasnya hingga mengurangi gejala penuaan seperti bintik hitam dan garis halus. Sementara hyaluronic acid terkenal mampu membuat kulit wajah terhidrasi, sehingga kulit terasa lebih halus dan lembut.

3. Vitamin C, Vitamin E, dan Ferulic Acid

Kombinasi Vitamin C, Vitamin E, dan ferulic acid diketahui bisa memproteksi kulit wajah jadi lebih maksimal. Vitamin C dan Vitamin E dapat memberi asupan antioksidan ganda agar kulit tak mudah rusak saat terpapar sinar UV dan radikal bebas. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x