Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare Populer yang Punya 5 Manfaat untuk Kulit Wajah

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 12:28 WIB
mengenal-ceramide-kandungan-skincare-populer-yang-punya-5-manfaat-untuk-kulit-wajah
Ilustrasi. Ceramide adalah molekul lipid atau lemak yang berperan penting dalam struktur dan fungsi pelindung kulit. Simak 5 manfaat ceramide untuk kulit wajah. (Sumber: Clarissa Watson on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ceramide adalah salah satu kandungan yang semakin populer dalam produk perawatan kulit atau skincare. Bahan ini digadang-gadang dapat meremajakan kulit dan membuat warna kulit lebih merata hingga cerah.

Dilansir laman Medical News Today, ceramide adalah molekul lipid atau lemak yang berperan penting dalam struktur dan fungsi pelindung kulit. Ceramide membentuk sekitar 50 persen lapisan kulit terluar (epidermis).

Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari berbagai faktor lingkungan, seperti udara kering, polusi, dan bakteri.

Baca Juga: Simak Manfaat 8 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Produk kecantikan yang mengandung ceramide dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit wajah.

5 Manfaat Ceramide untuk Kulit Wajah

Berikut 5 manfaat kandungan ceramide dalam produk kecantikan kekinian yang dikutip dari laman Healthline.

1. Memperkuat skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan polusi, bakteri, dan iritasi. Ceramide dapat membantu memperkuat skin barrier, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tahan terhadap kerusakan.

Skin barrier yang kuat akan membantu mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam kulit. Skin barrier juga akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

2. Melembapkan kulit

Ceramide memiliki kemampuan untuk mengikat air, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan terasa lebih lembut, halus, dan kenyal.



Sumber : Medical News Today, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x