Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Mendalami Aging Gracefully, Cara Menghadapi Penuaan dengan Bahagia

Kompas.tv - 29 Januari 2024, 23:00 WIB
mendalami-aging-gracefully-cara-menghadapi-penuaan-dengan-bahagia
Ilustrasi penuaan. (Sumber: Kementerian Kesehatan RI)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Aging gracefully adalah istilah kekinian yang menggambarkan keinginan untuk bertambah tua namun tetap menarik. Hal menekankan pada cara seseorang menanggapi penuaan dengan melakukan hal-hal baik untuk kulitnya. 

Aging gracefully dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sehingga kita dapat hidup lebih lama dan lebih sehat. Secara mental, aging gracefully dapat membantu kita tetap bahagia dan produktif, sehingga kita dapat menikmati hidup di masa tua.

Dikutip dari laman Healthline, berikut tips sederhana agar aging gracefully berjalan lancar

Baca Juga: Bahaya Sinar UV Sebabkan Penuaan Dini, Berikut 3 Tips Perawatan Cegah Kerutan Pada Cuaca Ekstrem

1. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat adalah salah satu kebiasaan terpenting untuk aging gracefully. Makanan sehat adalah makanan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. 

Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Beberapa contoh makanan sehat yang bisa Anda konsumsi adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak. 

Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan olahan, makanan manis, dan makanan berlemak.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur juga penting untuk aging gracefully. Olahraga membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan kekuatan, dan daya tahan tubuh, serta mencegah penyakit.

Anda disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, atau yoga.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga penting untuk aging gracefully. Tidur yang cukup membantu tubuh untuk memperbaiki diri dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.




Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x