Kompas TV lifestyle kesehatan

Obat Herbal Lebih Aman daripada Obat Kimia? Simak Jawabannya Menurut Para Ahli

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 07:00 WIB
obat-herbal-lebih-aman-daripada-obat-kimia-simak-jawabannya-menurut-para-ahli
Foto ilustrasi. Obat Herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam urat di tubuh. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Keputusan untuk mengonsumsi obat herbal atau obat kimia tergantung pada preferensi individu dan kondisi kesehatan yang dihadapi.

Beberapa orang percaya bahwa obat herbal lebih aman karena berasal dari bahan alami, sementara yang lain mungkin memilih obat kimia yang telah melalui uji klinis.

Namun, apakah obat herbal lebih aman dibandingkan obat kimia, Mengutip dari National Center for Biotechnology Information (NCIB) dan Better Health Channel, berikut adalah ulasannya.

Pengertian Obat Herbal

Obat herbal, atau sering disebut sebagai obat tradisional, merupakan obat yang berasal dari berbagai jenis tanaman sebagai bahan aktifnya.

Penggunaan tanaman ini didasarkan pada keyakinan bahwa tanaman tersebut memiliki sifat dan zat yang dapat menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan.

Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Ini Bisa Redakan Sakit Kepala, Ada Apa Saja?

Meskipun beberapa tanaman telah menunjukkan manfaat kesehatan dalam penelitian ilmiah, penting untuk diingat bahwa tidak semua obat herbal memiliki dasar ilmiah yang kuat. Sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan Dokter sebelum mengonsumsinya.

Obat herbal telah digunakan sejak teknologi farmasi belum berkembang sebaik sekarang. Beberapa tanaman memiliki kandungan yang sangat kuat, sehingga perlu digunakan dengan hati-hati.

Penggunaan obat herbal telah meluas dan diyakini lebih aman untuk dikonsumsi. Namun, obat tradisional memiliki potensi untuk bersifat toksik.

Saat ini, terdapat beberapa kasus keracunan akibat penggunaan obat tradisional. Beberap penyebabnya seperti kesalahan mengidentifikasi tanaman, persiapan bahan yang tidak tepat, dan penggunaan yang tidak sesuai.

Oleh karena itu, NCIB menyarankan untuk menghindari penggunaan obat herbal saat sedang hamil.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Ini Ampuh Meredakan Nyeri Sendi Pada Lutut! Ada Bawang Putih dan Pohon Willow

Obat Herbal Tidak Lebih Aman Dibandingkan Obat Kimia



Sumber : National Center for Biotechnology Information, Better Health Channel


BERITA LAINNYA



Close Ads x