Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Tanaman Herbal Ini Ampuh Meredakan Nyeri Sendi Pada Lutut! Ada Bawang Putih dan Pohon Willow

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 02:00 WIB
5-tanaman-herbal-ini-ampuh-meredakan-nyeri-sendi-pada-lutut-ada-bawang-putih-dan-pohon-willow
Ilustrasi nyeri sendi pada lutut (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Nyeri sendi pada lutut seringkali menjadi keluhan kesehatan yang mempengaruhi berbagai kalangan usia. Nyeri pada sendi lutut dapat muncul karena berbagai alasan, termasuk cedera dan peradangan, seperti yang terjadi pada penyakit seperti asam urat.

Gejala yang muncul termasuk pembengkakan, kekakuan, kemerahan, sensasi hangat saat disentuh, dan bahkan ketidakstabilan. Beberapa orang bahkan mungkin mengalami suara berderak ketika menekuk kaki. Gejalanya bervariasi tergantung pada penyebab utama nyeri sendi pada lutut.

Selain menggunakan obat pereda nyeri, tanaman herbal ternyata juga dapat menjadi alternatif yang sehat untuk mengatasi nyeri sendi pada lutut tanpa selalu mengandalkan obat-obatan kimia. Selain efektif, tanaman herbal juga cenderung lebih alami dan memiliki sedikit efek samping.

Dikutip dari health.grid.id, berikut adalah tanaman herbal yang dapat meredakan nyeri sendi pada lutut. 

1. Jahe

Memiliki sifat anti-inflamasi, jahe telah dipercaya dapat membantu meredakan peradangan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gene pada tahun 2019 juga telah menunjukkan efektivitasnya dalam mengatasi gejala rheumatoid arthritis.

Baca Juga: Bisa Dicoba Malam Ini Minuman Herbal Perontok Asam Urat: Mudah Didapat di Rumah, Redakan Nyeri Sendi

2. Kunyit

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, kunyit mengandung kurkumin yang memiliki efek analgesik. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, kunyit juga dapat membantu meredakan nyeri sendi.

3. Bawang Putih

Bawang putih yang biasa dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan ternyata mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat menurunkan peradangan.


 

Hal ini dibuktikan dari penelitian eksperimental yang diterbitkan dalam Journal of Enviromental Pathology Toxicology, and Oncology. Penelitian tersebut menunjukkan kemampuan bawang putih dalam mencegah kerusakan tulang.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Sakit Lutut Pasca Operasi

4. Pohon Willow

Kulit pohon willow memiliki sifat anti-inflamasi yang signifikan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Phytomedicine menemukan penggunaan ekstrak kulit pohon willow telah terbukti mengurangi rasa sakit pada osteoarthritis.

5. Minyak Kayu Putih (Eucalyptus)

Minyak kayu putih dari daun eucalyptus memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Menggunakan minyak kayu putih dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meredakan gejala yang berkaitan dengan peradangan, termasuk nyeri sendi lutut.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi pada Lutut



Sumber : health.grid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x