Kompas TV lifestyle kesehatan

Mengenal Arugula dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 09:10 WIB
mengenal-arugula-dan-7-manfaatnya-untuk-kesehatan
Arugula (Eruca sativa) atau kerap disebut sebagai rocket merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya nutrisi. Ini 7 manfaat arugula untuk kesehatan. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra
Arugula (Eruca sativa) atau kerap disebut sebagai rocket merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya nutrisi. Ini 7 manfaat arugula untuk kesehatan. (Sumber: KOMPAS.COM)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Arugula (Eruca sativa) atau kerap disebut sebagai rocket merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya nutrisi.

Sayuran ini memiliki rasa yang pedas dan sedikit pahit, dan sering digunakan sebagai topping salad, sandwich, atau aneka makanan Italia.

Arugula mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, di antaranya vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalium, hingga fosfor.

Selain lezat, sayuran yang tumbuh di kawasan Mediterania itu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari laman National Center for Biotechnology Information, sayuran berdaun hijau gelap yang sarat mineral dan antioksidan tersebut dapat membantu kesehatan ginjal.

Berikut 7 manfaat mengonsumsi arugula untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kelapa Murni atau VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Arugula untuk Kesehatan

1. Membantu melawan kanker

Arugula mengandung berbagai senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan kanker, seperti sulforaphane, quercetin, dan lutein.

Dikutip dari laman National Cancer Institute, senyawa-senyawa tersebut dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Research menemukan, arugula dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer menemukan, arugula dapat membantu mengurangi risiko kanker paru.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Arugula merupakan sumber kalsium yang baik, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu membangun dan memperkuat tulang, serta mencegah osteoporosis.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x