Kompas TV lifestyle kesehatan

Asam Manis Kaya Antioksidan, Ini 7 Manfaat Teh Kembang Sepatu

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 17:53 WIB
asam-manis-kaya-antioksidan-ini-7-manfaat-teh-kembang-sepatu
Ilustrasi Secangkir Teh (Sumber: BalashMirzabey on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Teh kembang sepatu atau yang juga dikenal dengan nama teh hibiscus adalah minuman herbal yang terbuat dari kelopak bunga kembang sepatu. Teh ini telah dikonsumsi selama berabad-abad di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Teh kembang sepatu yang memiliki rasa yang asam manis dan kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam teh jenis ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Dikutip dari laman Healthline, berikut manfaat teh kembang sepatu bagi kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Lavender, Redakan Stres hingga Jerawat

1. Menurunkan tekanan darah

Teh kembang sepatu telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh kembang sepatu selama 12 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan.

Tekanan darah tinggi diketahui menjadi faktor penyebab bagi beberapa masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung dan penyakit ginjal.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menurunkan tekanan darah, teh kembang sepatu juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Teh ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Melawan peradangan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x