Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Tanaman Herbal Ini Bisa Atasi Batuk dan Flu, Murah dan Ampuh!

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 19:10 WIB
10-tanaman-herbal-ini-bisa-atasi-batuk-dan-flu-murah-dan-ampuh
Ilustrasi. Daun Kemangi dan 9 tanaman herbal ini dipercaya dapat mengatasi batuk dan flu. (Sumber: wirestock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika musim hujan tiba, gejala-gejala flu seperti batuk, pilek, dan demam, meningkat. Namun, tidak perlu khawatir. Anda dapat mengatasinya dengan obat-obatan alami.

Mengutip laman Balcony Garden Web, terdapat banyak tanaman herbal yang dapat membantu mengurangi gejala flu dan batuk, di antaranya 10 tumbuhan berikut.

10 Tanaman Herbal yang Bisa Mengatasi Batuk dan Flu

1. Daun Kemangi

Menurut sebuah penelitian, kemangi atau basil dapat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti batuk, pilek, demam, asma, radang sendi, dan masalah mata.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkannya pada teh atau minuman panas, atau menyantapnya sebagai lalapan.

2. Oregano

Oregano merupakan tanaman herbal beraroma, yang tidak hanya digunakan dalam masakan seperti pasta atau pizza, tetapi juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan flu, demam ringan, batuk, dan pilek.

Tidak hanya itu, oregano dapat membantu meredakan otot kaku, serta gejala dada sesak.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Dewa: Menurunkan Demam Hingga Melawan Kanker, Begini Cara Mengolahnya

3. Peppermint

Peppermint sering digunakan sebagai teh herbal untuk mengatasi pilek, batuk, dan hidung tersumbat. Kemampuannya mendinginkan selaput lendir menjadikannya efektif sebagai dekongestan.

4. Thyme

Minyak esensial dari daun thyme telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan batuk. Kombinasi ivy dan thyme, seperti yang disarankan oleh penelitian, dapat membantu meredakan bronkitis akut dan batuk.

5. Marjoram

Marjoram memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan yang digunakan untuk mengatasi infeksi, batuk, dan pilek.



Sumber : Balcony Garden Web


BERITA LAINNYA



Close Ads x