Kompas TV lifestyle tren

Ini Penjelasan Kenapa Spion Kendaraan Bermotor Ada Dua, Simak Penjelasan Pakar Keamanan Berkendara

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 13:31 WIB
ini-penjelasan-kenapa-spion-kendaraan-bermotor-ada-dua-simak-penjelasan-pakar-keamanan-berkendara
Pengecekan kendaraan bermotor milik pegawai atau tamu di area kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Senin (21/8/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenapa di setiap kendaraan bermotor memiliki dua spion? Dalam dunia berkendara, khususnya bagi pengendara sepeda motor, keberadaan kaca spion bukanlah sekadar aksesori, melainkan elemen keselamatan yang vital.

Setiap sepeda motor umumnya dilengkapi dengan dua kaca spion, satu di sisi kiri dan satu lagi di sisi kanan. Namun, seringkali muncul pertanyaan, mengapa harus ada dua kaca spion?

Fungsi dasar dari kaca spion adalah untuk memberikan pandangan kepada pengendara motor tentang situasi lalu lintas di belakang mereka.

Baca Juga: Tugas Pengawas TPS atau PTPS Pemilu 2024, Wewenang, Kewajiban dan Larangannya

Spion adalah alat bantu yang memungkinkan pengendara untuk memahami kondisi di belakang tanpa harus menengok.

Selain itu kaca spion juga memiliki peranan penting dalam mencegah kecelakaan. Dengan kaca spion, pengendara dapat mengetahui saat akan ada kendaraan yang mendekat atau ketika ingin melakukan perubahan lajur. Ini membantu mengurangi risiko tabrakan atau insiden lalu lintas lainnya.

Kaca spion bukan hanya untuk melihat kendaraan di belakang, tetapi juga untuk memantau kendaraan di sisi lain motor. Hal ini penting terutama di persimpangan jalan atau saat berkendara di jalan yang padat.

Baca Juga: 3 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Pakai HP, Bisa lewat WA, Mudah dan Cepat

Perspektif Pakar Keamanan Berkendara

Pakar safety riding dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Joel Deksa Mastana menjelaskan bahwa keberadaan dua kaca spion pada motor sangat penting.

Menurutnya, motor adalah kendaraan terkecil di jalan, sehingga vital bagi pengendara untuk terlihat dan melihat.

"Motor itu kendaraan terkecil di jalan, sehingga penting untuk terlihat dan melihat," terang Joel dikutip dari Motorplus Online, Rabu (11/1/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x