Kompas TV lifestyle tren

Tradisi Unik saat Natal di Berbagai Negara, Ada Makan Ayam Goreng hingga Menyembunyikan Sapu

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 01:00 WIB
tradisi-unik-saat-natal-di-berbagai-negara-ada-makan-ayam-goreng-hingga-menyembunyikan-sapu
Ilustrasi. Berikut tradisi unik di sejumlah negara saat perayaan Hari Natal. (Sumber: Pixabay.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti yang diketahui, setiap tahun pada tanggal 25 Desember dirayakan sebagai Hari Natal oleh umat Nasrani di seluruh dunia.

Natal dirayakan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus, sosok sentral dalam agama Kristen.

Perayaan Natal menghormati keyakinan bahwa Yesus lahir sebagai Anak Allah, yang menjadi penyelamat dunia sesuai ajaran Kristen. 

Dengan Hari Natal yang menjadi perayaan global, maka tentu ada tradisi unik di setiap negara saat merayakan hari tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah tradisi unik di berbagai negara saat merayakan Hari Natal.

1. Jepang: KFC untuk Makan Malam Natal

Di Jepang, sudah menjadi tradisi menyantap KFC (Kentucky Fried Chicken) untuk makan malam Natal. 

Bahkan banyak orang memesan ayam olahan KFC itu beberapa minggu sebelumnya agar tidak kehabisan.

Baca Juga: Lit The Cristmas Tree, Natal Bersama Anak Panti Asuhan

2. Islandia: Yule Lads

Yule Lads adalah karakter dalam mitologi Islandia yang terkait dengan perayaan Natal. Mereka merupakan sekelompok 13 makhluk kecil atau peri yang dikaitkan dengan kegiatan Natal dan berperan dalam memberikan hadiah atau hukuman kepada anak-anak selama 13 hari menjelang Natal. Setiap Yule Lad memiliki sifat dan kebiasaan unik.

Tradisi Yule Lads ini berasal dari cerita rakyat Islandia yang sudah ada sejak abad ke-17. Menurut cerita tersebut, Yule Lads akan datang satu per satu ke rumah-rumah pada malam hari sebelum Natal. 

Anak-anak menyiapkan sepatu mereka di jendela, dan Yule Lads akan memberikan hadiah kepada anak-anak yang berperilaku baik atau meninggalkan hukuman kepada yang berperilaku buruk.

Setiap Yule Lad memiliki nama dan karakteristik yang berbeda, seperti Stekkjastaur (Pencuri Domba), Giljagaur (Pencuri Susu Sapi), dan Skyrgámur (Pencuri Yogurt). 

Yule Lads seringkali digambarkan sebagai makhluk-makhluk lucu dan nakal dalam budaya Islandia. Tradisi ini merupakan salah satu elemen yang membuat perayaan Natal di Islandia menjadi unik.

3. Ukraina: Jaring Laba-laba sebagai Dekorasi Pohon Natal 

Pohon Natal di Ukraina sering kali dihiasi dengan dekorasi jaring laba-laba. 

Legenda mengatakan bahwa seorang janda miskin menemukan pohon Natal di hutan, dan ketika anak-anaknya menghiasinya dengan jaring laba-laba, secara ajaib pohon itu berubah menjadi perak dan emas.

Sejak saat itu, meletakkan laba-laba atau membuat dekorasi laba-laba di pohon Natal di Ukraina menjadi tradisi yang dihormati. 

Ini dianggap sebagai simbol keberuntungan, kebahagiaan, dan kekayaan. Beberapa orang bahkan membuat dekorasi laba-laba dari kertas atau kain untuk menambahkan elemen tradisional ini dalam perayaan Natal mereka.

Baca Juga: Dihiasi 15 Ribu Kulit Kerang Pohon Natal Unik di Doom Tercatat Dalam Rekor Muri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x