Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Gejala Asam Urat Jarang Disadari, Pernah Anda Alami?

Kompas.tv - 23 November 2023, 19:00 WIB
jangan-anggap-remeh-ini-7-gejala-asam-urat-jarang-disadari-pernah-anda-alami
Ilustrasi asam urat yang menyebabkan nyeri sendi (Sumber: ANTARA/Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Asam urat atau gout adalah kondisi medis yang ditandai dengan penumpukan kristal asam urat di sendi. Hal ini menyebabkan rasa nyeri yang hebat, pembengkakan, dan kemerahan. 

Meskipun asam urat dapat menyerang sendi mana pun, sendi yang paling umum terkena adalah jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, gejala asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba dan dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. 

Serangan asam urat yang pertama kerap terjadi pada malam hari atau dini hari, menyebabkan penderita terbangun dengan rasa nyeri yang hebat. Selain rasa nyeri, ada beberapa gejala asam urat yang sering diabaikan.

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatasi Asam Urat

Berikut gejala asam urat tinggi yang jarang disadari:

1.  Kulit Kemerahan

Peradangan akibat asam urat tidak hanya memicu pembengkakan. Inflamasi juga bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan, terutama di area persendian.

Warna kemerahan itu dikarenakan peningkatan aliran darah di area tersebut. Kondisi ini disebut juga dengan istilah vasodilatasi.

2. Pembengkakan di Sendi

Selain nyeri, efek peradangan yang dialami imbas asam urat bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian sendi atau sinovium. Dikutip dari laman Versus Arthritis, ketika kristal asam urat bersinggungan dengan jaringan lunak di sinovium dan memicu bengkak dan peradangan. 

Hal ini pula yang dapat memicu asam urat kambuh hingga bahkan meningkatkan keparahannya.

3. Demam



Sumber : Cleveland Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x