Kompas TV lifestyle kesehatan

Cek 7 Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatasi Asam Urat

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 13:46 WIB
cek-7-manfaat-air-rebusan-daun-salam-untuk-kesehatan-tubuh-salah-satunya-mengatasi-asam-urat
Ilustrasi Daun Salam. (Sumber: Azerbaijan_stockers on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Daun salam, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Dengan kandungan vitamin dan senyawa aktif seperti vitamin B2, B3, C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid, air rebusan daun salam dapat menjadi minuman kesehatan yang bermanfaat.

Dikutip dari Universitas Medan Area, berikut adalah 7 manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun salam kaya akan enzim dan protein yang dapat membantu pencernaan, serta dapat dijadikan sebagai minuman yang baik bagi mereka yang menjalani diet.

Air rebusan daun salam dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, mulas, dan sembelit.

Baca Juga: Cek Manfaat Air Rebusan Daun Sirih, Obat Alami Batuk Berdahak, Ini Cara Membuatnya

2. Pengobatan Herbal untuk Asam Urat

Bagi penderita asam urat, air rebusan daun salam dapat menjadi solusi alami. Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian dan dapat menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Mengonsumsi air rebusan daun salam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hal ini dikarenakan daun salam memiliki kandungan flavonoid dan quercetin.

Baca Juga: Banyak Orang Tidak Tahu! Ada 5 Manfaat Air Rebusan Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Mengatasi Peradangan Lambung

Peradangan lambung dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan lainnya. Tidak hanya itu, daun salam juga dapat membantu mengatasi peradangan ini dan memberikan rasa nyaman pada lambung.

5. Mengurangi Stres

Daun salam kaya akan linalool, yaitu senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, terutama di saat-saat yang penuh tekanan.

Baca Juga: 6 Manfaat Air Rebusan Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Termasuk Bisa Sembuhkan Flu

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun salam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, karena kandungan flavonoidnya yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air rebusan daun salam kaya akan vitamin B6, B12, C, dan D yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengonsumsi air rebusan daun salam dipercaya akan membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai penyakit.


 

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai memasukkan air rebusan daun salam ke dalam rutinitas kesehatanmu. Selain mudah dibuat, air rebusan daun salam juga memiliki rasa yang enak dan dapat dinikmati kapan saja.



Sumber : Universitas Medan Area


BERITA LAINNYA



Close Ads x