Kompas TV lifestyle kesehatan

Heboh Eksperimen Masak Pakai Cahaya Matahari, Ahli Gizi Ungkap Risiko dan Bahayanya

Kompas.tv - 14 Oktober 2023, 17:25 WIB
heboh-eksperimen-masak-pakai-cahaya-matahari-ahli-gizi-ungkap-risiko-dan-bahayanya
Pemilik akun TikTok @estiutomoo mendemonstrasikan memasak memanfaatkan cahaya matahari ketika cuaca tengah panas di Semarang, Jawa Tengah. (Sumber: TikTok)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan seorang warga melakukan eksperimen memasak tanpa kompor, tetapi memanfaatkan cahaya Matahari.

Video itu diunggah di akun TikTok Esti Utomo, warga Kelurahan Siwalan, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ia memanfaatkan cuaca panas Matahari untuk memasak telur dan mi instan. Esti mulai memasak sekitar pukul 11.00 WIB. Ia memasukkan air dan mi ke dalam panci, lalu ditutup dan didiamkan.

“Pukul 13.00 WIB, mi sudah matang. Bagi saya, eksperimen ini sukses," ujar pemilik akun bernama Esti Utomo dikutip dari Kompas.com, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga: Viral Cuaca Panas Bikin Warga Semarang Manfaatkan Cahaya Matahari untuk Memasak, Ternyata Matang!


Esti mengaku bahwa ide memasak menggunakan cahaya Matahari ini muncul ketika dia lapar dan gas kompornya habis. Ia lantas mengecek aplikasi pemantau cuaca dan menemukan bahwa suhu saat itu mencapai 37 derajat Celsius.

Kata Ahli Fisika

Dosen Fisika di Universitas Gadjah Mada (UGM) Muhammad Farchani Rosyid mengatakan bahwa panas Matahari dapat digunakan untuk memasak. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Rosyid mengatakan bahwa memasak memanfaatkan cahaya Matahari tidak bisa dilakukan secara sembarangan, seperti meletakkan alat masak dan bahan makanan di luar ruangan begitu saja.

"Memasak dengan sinar Matahari bisa dilakukan dengan bantuan cermin cekung guna memusatkan cahaya agar energi kalor terkumpul lebih banyak sehingga mencukupi untuk memasak," ujarnya, Jumat (13/10/2023).

Selain cermin cekung, sejumlah bahan yang mampu menampung panas, seperti batu, juga bisa dimanfaatkan. Memasak memanfaatkan cahaya Matahari juga harus memperhatikan banyaknya bahan yang dimasak dan intensitas cahaya matahari.

Baca Juga: 7 Cara Kurangi Dampak Cuaca Panas, Batasi Konsumsi Gula dan Jangan Sering Mandi!

Kata Ahli Gizi



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x