Kompas TV lifestyle kesehatan

Mengenal Gejala Adenovirus, Virus yang Bikin Cipung Kena Radang Paru hingga Masuk RS

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 17:00 WIB
mengenal-gejala-adenovirus-virus-yang-bikin-cipung-kena-radang-paru-hingga-masuk-rs
Ilustrasi adenovirus yang menjadi penyebab Rayyanza alias Cipung masuk rumah sakit. (Sumber: Kjpargerter on Freepik)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit hingga dirawat di rumah sakit. Rupanya, balita yang akrab dipanggil Cipung itu terkena adenovirus.

Hal ini diungkapkan oleh Nagita Slavina yang mengatakan bahwa Rayyanza mengalami demam hingga suhu tubuhnya mencapai 40 derajat Celcius. Dokter pun melakukan pemeriksaan rontgen dan diketahui bahwa Cipung mengalami radang paru.

"Kemungkinannya bakteri atau virus jadi tadi dikasih antibiotik, tadi keluar hasilnya ternyata ada virusnya. Adenovirus," ujar Nagita melalui kanal YouTube, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Gejala Hording Disorder yang Patut Diwaspadai

Apa Itu Adenovirus?

Melansir Cleveland Clinic, adenovirus adalah jenis virus yang bisa membuat seseorang mengalami infeksi yang mirip dengan pilek atau flu. Infeksi adenovirus dapat memengaruhi sistem pernapasan.

Infeksi adenovirus dapat terjadi sepanjang tahun, tetapi puncaknya terjadi pada musim dingin atau awal musim semi. Infeksi yang terjadi dapat ringan hingga berat. 

Anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun lebih rentan. Mereka yang sering berada di tempat penitipan anak juga punya risiko lebih tinggi karena sering berdekatan. 

Orang dewasa yang berada di lingkungan padat, seperti asrama, fasilitas militer, rumah sakit, atau panti jompo juga berisiko tertular.

Individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi adenovirus yang parah. Ini termasuk individu yang pernah menjalani transplantasi sel induk atau organ, penderita kanker, HIV/AIDS, penyakit jantung, atau gangguan pernapasan.

Baca Juga: Meningkatkan Kesadaran Hari Meningitis Sedunia: Kenali Gejala, Sejarah, hingga Faktanya

Gejala Infeksi Adenovirus



Sumber : Cleveland Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x