Kompas TV lifestyle kesehatan

Awas Bisa Ganggu Aktivitas, Hindari Makanan Berikut saat Sarapan

Kompas.tv - 18 September 2023, 04:05 WIB
awas-bisa-ganggu-aktivitas-hindari-makanan-berikut-saat-sarapan
Ilustrasi sarapan dan makan. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sarapan adalah salah satu waktu makan penting bagi manusia di awal hari. Dengan makan makanan yang tepat saat sarapan, akan bisa memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Namun, jangan sampai salah untuk memilih menu sarapan karena justru bisa membuat tubuh lemas.

Berikut makanan-makanan yang harus dihindari saat sarapan karena bisa mengganggu aktivitas:

1. Makanan Manis Berlebihan

Hindari makanan manis yang berlebihan seperti donat, kue, dan roti manis saat sarapan. Makanan ini cenderung menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, yang dapat mengakibatkan rasa lelah dan meningkatkan risiko obesitas serta diabetes.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti cereal kemasan, roti putih, dan daging olahan seringkali mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan garam. Konsumsi berlebihan dari jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Jauhi makanan yang tinggi lemak jenuh seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan berlemak lainnya saat sarapan. Makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: 10 Makanan yang Cocok Sebagai Menu Diet Sehat, Mudah Ditemukan di Pasar!

4. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang tinggi garam seperti makanan kaleng, makanan olahan, dan makanan cepat saji, perlu dihindari. Kandungan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan gagal ginjal.

5. Minuman Berkafein Tinggi

Selain makanan, minuman berkafein tinggi seperti kopi dan teh hitam sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan saat sarapan. Kafein dalam minuman ini dapat menyebabkan kegelisahan dan juga dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi.

Untuk menu sarapan yang baik bagi tubuh, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat.

Selain itu, hindari makanan yang mengandung gula, lemak jenuh, dan garam berlebih. Jangan lupa tambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu sarapan.

Sejumlah menu yang cocok dikonsumsi saat sarapan di antaranya telur orak-arik dengan roti gandum dan buah-buahan, oatmeal dengan buah-buahan dan kacang-kacangan, yogurt Yunani dengan buah-buahan dan granola, smoothie buah-buahan dan sayuran, serta roti gandum dengan selai kacang dan buah-buahan.

Baca Juga: 5 Tempat Sarapan Enak di Yogyakarta, Ada Bermacam Sayur hingga Seafood



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x