Kompas TV lifestyle tren

Tips Mengecat Interior Rumah agar Nyaman, Efisien, Estetik, Profesional Pakai Cara Ini

Kompas.tv - 17 September 2023, 18:10 WIB
tips-mengecat-interior-rumah-agar-nyaman-efisien-estetik-profesional-pakai-cara-ini
Ilustrasi interior rumah. Interior atau bagian dalam rumah adalah ruangan yang penting bagi kehidupan berkeluarga atau secara sosial. Berikut tips-tips mengecat interior rumah mulai dari cara mengecat hingga tips memilih cat. (Sumber: Dok. Arkamaya Grhatama)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Interior atau bagian dalam rumah adalah ruangan yang penting bagi kehidupan berkeluarga atau secara sosial. Berikut tips-tips mengecat interior rumah mulai dari cara mengecat hingga tips memilih cat.

Untuk menghasilkan suasana interior yang diinginkan, tentu mengecat rumah tidak boleh sembarangan. Pemilihan cat dasar hingga langkah-langkah mengecat interior rumah harus diperhatikan.

Tahap yang penting ketika mengecat interior rumah adalah tahap persiapan. Mauro Henrique, tukang cat profesional dari This Old House menyebut tahap persiapan sangat penting dalam mengecat interior.

Baca Juga: Menengok Interior Kereta Cepat Jakarta Bandung yang Mulai Diuji Coba, Ada 3 Kelas Pelayanan

"85 persen dari proyek mengecat apa pun adalah persiapan. Menambal lubang, mengamplas, mendempul celah, dan langkah persiapan lain butuh waktu, tetapi ini esensial untuk hasil mengecat yang baik," kata Mauro dikutip This Old House.

"Apabila Anda mulai mengecat dengan permukaan yang dipersiapkan dengan baik, dengan praktik tertentu, Anda tinggal menguasai 15 persen yang lain," ujarnya.

Berikut tips mengecat interior rumah mulai dari persiapan hingga tips memilih cat dasar.

Tips mengecat interior rumah

Singkirkan benda logam

Copot kunci jendela, kenop pintu, piting lampu, dan logam lain yang terpasang di rumah. Pasitkan untuk tidak memisahkannya dengan sekrup-sekrup yang ada sehingga memudahkan proses memasang kembali.

Singkirkan perabot

Usahakan untuk menyingkirkan perabotan seperti sofa, meja, atau lemari. Perabot sebisa mungkin dikeluarkan dari area mengecat untuk memberikan ruang leluasa bagi pengecat.

Namun, jika perabotan terlalu berat untuk disingkirkan atau tidak bisa dipindahkan, lindungi permukaan perabot dengan selubung plastik atau bahan lain yang tidak tembus air.

Lapisi lantai

Untuk melapisi lantai, Anda tidak perlu memplester keseluruhan lantai karena boros plester dan boros waktu. Mauro biasanya memakai selubung luas yang diaplikasikan ke lantai lalu mengunci selubung itu dengan plester di setiap sisinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x