Kompas TV lifestyle travel

Hari Perpustakaan Nasional: Ini 7 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Kompas.tv - 14 September 2023, 21:04 WIB
hari-perpustakaan-nasional-ini-7-rekomendasi-perpustakaan-di-jakarta-yang-wajib-kamu-kunjungi
Perpustakaan Kemendikbud yang Memberikan Kenyamanan untuk Pengunjungnya (Sumber: Kemendikbud)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Tanggal 14 September merupakan hari kunjung Perpustakaan yang telah ditetapkan melalui surat Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 020/A1/VIII/1995 pada tanggal 11 Agustus 1995.

Hari peringatan ini juga dijadikan sebagai motivasi untuk masyarakat dalam meningkatkan semangat literasi dan gemar membaca.

Saat ini, perpustakaan tidak lagi memberikan atmosfer yang kaku dan membosankan, tetapi memberikan atmosfer yang modern sehingga membuat pengunjungnya betah, nyaman, dan meningkatkan minat baca. Apalagi minat baca masyarakat Indonesia masih kurang dibandingkan dengan masyarakat di negara lain. 

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Perpustakaan di Jakarta, kamu jangan khawatir, karena dari Perpustakaan modern di Taman Ismail Marzuki hingga Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang menjadi Perpustakaan tertinggi di dunia, berikut ini adalah 7 rekomendasi Perpustakaan menarik yang dapat kamu kunjungi:

1. Perpustakaan Jakarta

Perpustakaan Jakarta hadir sebagai tampilan baru dari Taman Ismail Marzuki sebagai bentuk untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat sekaligus mengenalkan karya-karya para seniman dan budayawan.

Perpustakaan yang diresmikan pada Juli 2022 oleh Gubernur Anies Baswedan ini memiliki interior modern dan nyaman dengan 138.000 koleksi buku.

Menariknya, perpustakaan ini juga menyediakan fasilitasnya, seperti; ruang multifungsi, ruang bermain anak, ruang baca privat, bilik cerita, ruang podcast, ruang komputer, dan ruang koleksi kejakartaan. 

Jam operasionalnya dimulai pada pukul 09.00 WIB dan hanya menerima 300 pengunjung per hari. Untuk mengetahui info lebih lanjut, kamu dapat mengecek di akun Instagram mereka di @perpusjkt.

2. Baca Di Tebet

Perpustakaan yang didirikan oleh Kanti W. Janis dan Wien Muldian ini memiliki suasana yang nyaman dan homey dengan menyediakan sekitar 20.000 koleksi buku bacaan yang akan selalu diperbarui.

Buku-buku yang tersedia di Perpustakaan ini merupakan milik pridbadi dari Kanti W. Janis, Wien Muldien, serta ada juga buku dari sumbangan. 

Menariknya dari Perpustakaan ini adalah fasilitasnya yang mencakup berbagai ruang seperti ruang diskusi, ruang baca, ruang pikir, ruang karya, serta ruang temu Roy B.B. Janis yang bisa digunakan untuk tempat baca, tempat diskusi, tempat bermain musik dan bernyanyi.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Perpustakaan ini, kamu perlu membeli tiket sebesar Rp35.000/hari. Selain itu, kamu juga bisa menjadi anggota dari Perpustakaan Baca di Tebet dengan membeli tiket bulanan dan tahunan.

Untuk mengetahui info selengkapnya, kamu dapat mengunjungi akun Instagram @bacaditebet.

Baca Juga: Tanggal 14 September Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan, Begini Sejarahnya

3. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan yang telah direnovasi pada November 2018 ini menawarkan suasana yang nyaman dengan interior barunya yang didominasi oleh warna putih.

Perpustakaan yang terletak di Jakarta Selatan ini memiliki salah satu bagian yang memiliki konsep open space sehingga dapat dimanfaatkan untuk acara diskusi atau seminar.

Koleksi bukunya berjumlah 15 ribu dengan judul buku terbitan Indonesia dan Belanda yang mencakup berbagai topik seperti; sastra, linguistik, politik, sejarah, sosial, seni, budaya, dan anak-anak.



Sumber : Gramedia.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x