Kompas TV lifestyle kesehatan

Film Horor Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan, Bisa Atasi Fobia dan Kurangi Stres

Kompas.tv - 13 September 2023, 02:05 WIB
film-horor-ternyata-punya-manfaat-bagi-kesehatan-bisa-atasi-fobia-dan-kurangi-stres
Ilustrasi. Keluarga Tak Kasat Mata adalah salah satu film horor buatan Indonesia yang sudah ditonton banyak orang. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Genre film horor adalah salah satu jenis tontonan yang digemari banyak orang. 

Meskipun seringkali menyajikan jumpscare yang menegangkan dan adegan berdarah yang mengerikan, film horor tetap mendapat sambutan hangat dari banyak penonton setianya.

Fenomena ini terbukti dari tingginya jumlah penonton dan rating yang tinggi yang sering kali diberikan kepada film horor terbaru. Sebagai contoh, film Pengabdi Setan 2 yang dirilis pada tahun 2022 lalu merupakan salah satu bukti nyata dari popularitas yang terus berkembang dalam genre ini.

Melansir laman imdb.com, film horor garapan Joko Anwar ini berhasil meraih rating hingga 6,8 dengan penonton lebih dari 6,3 juta. 

Rupanya film horor tidak hanya menjadi hiburan semata, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari laman Healthline, berikut 5 manfaat menonton film horor bagi kesehatan: 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Journal Stress mengungkapkan bahwa menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk jangka pendek. Sebab, menonton film horor mampu meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi). 

Hal ini meningkatkan respons fight-or-flight tubuh. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroimmunology, terungkap bahwa orang yang menonton film horor selama 30 menit memiliki peningkatan produksi sel darah putih.

2. Membakar Kalori 

Penelitian University of Westminster di Inggris pada 2012 meminta 10 orang untuk menonton film menakutkan yang berbeda. Detak jantung, keluaran karbon dioksida, dan asupan oksigen dari orang-orang ini dipantau saat mereka menonton film. 

Orang yang menonton film paling menakutkan, ketakutan dan melompat beberapa kali yang menyebabkan pembakaran kalori sebanyak 184. Hal ini setara dengan pembakaran kalori jika seseorang berjalan kaki selama 30 menit.


Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bintik-Bintik pada Wajah, dari Pengobatan Alami hingga Laser

3. Mengurangi Stres



Sumber : Kompas TV/Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x