Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak 5 Cara Penggunaan Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Kompas.tv - 7 September 2023, 11:00 WIB
simak-5-cara-penggunaan-mentimun-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-yang-jarang-diketahui
Beragam Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan Kulit (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Mentimun merupakan sayuran yang mengandung vitamin C dan asam caffeic, sehingga dapat melawan peradangan dan memberikan efek positif untuk meremajakan kulit. 

Selain itu, mentimun juga dapat menutrisi kulit jika dikonsumsi sebagai jus, memberikan efek yang menenangkan dan mendinginkan, mengurangi pembengkakan, hingga mengatasi kulit dari sengatan matahari. 

Meskipun mentimun memiliki banyak manfaat, tidak semua orang mengetahui cara-cara menggunakan mentimun untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Dilansir Healthline, berikut ini adalah 5 cara menggunakan mentimun untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui. 

1. Gunakan mentimun sebagai perawatan mata untuk mengatasi mata bengkak

Kehidupan yang sibuk mungkin membuat kita kurang tidur dengan waktu yang cukup. Tentunya kurang tidur dapat membuat mata kita menjadi bengkak. Sebenarnya, mata bengkak tidak hanya diakibatkan karena kurang tidur, tetapi juga diakibatkan apabila kita terlalu lama menangis.

Kabar baiknya, mata bengkak dapat diatasi dengan menggunakan mentimun. Cara menggunakannya, kamu dapat mendinginkan mentimun lalu taruh di kedua matamu. Hal tersebut dapat membantu mengempiskan area mata, serta memberikan bantuan pendinginan untuk iritasi.

Selain mengurangi pembengkakan di area mata, mentimun juga dapat menenangkan kulit yang rusak dan membuat mata terlihat dan terasa segar. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan asam folat mentimun.

Namun, mentimun tidak memiliki kekuatan untuk melembabkan area mata hanya berdasarkan kandungan airnya saja. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan mengunci hidrasi, gunakan krim mata setelah menggunakan mentimun.

Baca Juga: Benarkah Mentimun Dapat Mengatasi Mata Bengkak? Cek Faktanya Menurut Penelitian

2. Basuh wajah dengan air mentimun



Sumber : Healthline.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x