Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Cara Ampuh Ini Dapat Mengatasi Mata Bengkakmu Sehabis Menangis!

Kompas.tv - 1 September 2023, 04:00 WIB
8-cara-ampuh-ini-dapat-mengatasi-mata-bengkakmu-sehabis-menangis
Mata Bengkak Sehabis Menangis (Sumber: Wayhomestudio on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS TV - Menangis adalah respon emosional yang wajar terjadi pada manusia, apalagi jika ada peristiwa yang membuatmu sedih. 

Namun setelah menangis, kamu mungkin pernah mengalami mata bengkak dan merah yang membuatmu malu dan tidak percaya diri jika dilihat oleh orang lain.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak perlu menutup mata bengkakmu dengan kacamata hitam, karena berikut ini adalah 8 cara mengatasi mata bengkak sehabis menangis, seperti yang dilansir Healthline dan Kompas.com

1. Kompres dengan air dingin

Kompres dengan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan. Ambil kain bersih dan basahi dengan air dingin. Berbaringlah di tempat tidur atau duduk di kursi yang nyaman. Tempelkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada kulit di bawah dan di sekitar mata selama beberapa menit.

Jika kamu menggunakan kompres air dingin yang dibekukan, pastikan untuk membungkusnya dengan handuk bersih dan kering. Perlu diingat juga untuk tidak mengoleskan es langsung pada kulitmu, ya!

2. Tidur dengan kepala terangkat

Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat akan membantumu mengatasi masalah mata bengkak yang muncul akibat menangis. Cara menghilangkan kantung mata ini diyakini dapat mengurai cairan yang menumpuk di sekitar mata.

3. Oleskan irisan mentimun

Irisan mentimun juga dapat membantu menenangkan mata bengkak dan mengurangi pembengkakan.

Ambil mentimun dari kulkas, cuci bersih, dan potong dua irisan berukuran 1/4 inci. Berbaringlah dan letakkan irisan tersebut di kelopak mata hingga tidak lagi dingin.

Baca Juga: Cek 6 Bahan Alami Ini, Ternyata Bisa Mengatasi Kulit Kering Kamu, Apa saja?

4. Menggunakan kantong teh

Kantong teh celup menggabungkan kompres dingin dengan kafein yang dapat menghilangkan rasa kantuk. Sebagian besar jenis teh hitam, hijau, dan putih mengandung kafein.

Ada beberapa bukti dari artikel yang ditulis oleh A. Herman dan A.P. Herman pada tahun 2012, yang dipublikasikan dalam Skin Pharmacology dan Physiology. Artikel tersebut menunjukan bahwa kantong teh dapat menembus kulit, mengurangi pembengkakan, dan meningkatkan sirkulasi.

Cara menggunakan metode ini, kamu dapat membasahi dua kantong teh celup, dinginkan selama 20 menit, lalu letakkan di atas mata selama 15 hingga 30 menit.

5. Oleskan witch hazel

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Renata Dawid-Pa pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam Advances in Dermatology and Allergology, menunjukan bahwa mengatasi peradangan dan kemerahan, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengobati mata yang bengkak.




Sumber : Healthline.com, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x