Kompas TV lifestyle kesehatan

Cek 6 Bahan Alami Ini, Ternyata Bisa Mengatasi Kulit Kering Kamu, Apa saja?

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 14:55 WIB
cek-6-bahan-alami-ini-ternyata-bisa-mengatasi-kulit-kering-kamu-apa-saja
Foto ilustrasi sejumlah bahan alami untuk mengatasi kulit kering. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

KOMPAS TV - Musim kemarau yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia akhir-akhir ini telah memberikan pengaruh pada tubuh, termasuk kulit.

Kulit adalah organ tubuh yang bersentuhan langsung dengan paparan sinar matahari yang terik saat musim kemarau. Sehingga dapat rentan terkena iritasi hingga kering. 

Tidak hanya itu, sinar matahari yang terik juga dapat membuat kulit menjadi gelap, kusam, hingga menimbulkan permasalahan kulit lainnya. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Dilansir dari Kemenkes, kulitmu dapat kembali normal dan sehat dengan bahan-bahan alami berikut ini. 

Bahan alami atasi kulit kering

1. Madu

Madu telah dianggap sebagai salah satu pelembab alami terbaik yang mengandung antioksidan dan anti mikroba. Madu juga dapat mengunci kelembapan kulit sehingga kulit tampak halus dan lembut.

Tidak hanya itu, madu juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara menggunakannya: Oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah, dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Kamu dapat mengunakannya dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Madu untuk Mengobati Luka Bakar

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi kulit, serta bertindak sebagai emolien alami. Sehingga minyak kelapa dapat mencegah kulit mengelupas lebih jauh dan dapat mengobati kulit yang bersisik.

Cara menggunakannya: Hangatkan satu sendok makan minyak kelapa, lalu oleskan minyak kelapa dengan lembut pada kulit keringmu. Kamu dapat melakukan ini sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Minyak zaitun



Sumber : Kemenkes


BERITA LAINNYA



Close Ads x