Kompas TV lifestyle travel

Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Paket Wisata untuk Piala Dunia U17 2023

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 18:43 WIB
menparekraf-sandiaga-uno-siapkan-paket-wisata-untuk-piala-dunia-u17-2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bakal menyiapkan paket wisata untuk menyambut turis yang datang selama Piala Dunia U17 2023. (Sumber: Instagram @sandiuno)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bakal menyiapkan paket wisata bagi turis mancanegara untuk menyambut Piala Dunia FIFA U17 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Selain paket wisata, Sandiaga juga mengaku ditugaskan untuk menggelar pameran ekonomi kreatif untuk menyemarakkan ajang tersebut.

Hal itu disampaikan Sandiaga usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

"Kami dari Kemenparekraf diberikan tugas untuk penyiapan dari paket-paket wisata maupun juga pameran ekonomi kreatif yang nanti akan menjadi bagian daripada tawaran promosi bagi penonton dan juga peserta FIFA World Cup U17," kata Sandiaga, dikutip dari Kompas.com.

Meski hanya kompetisi kelompok umur, Sandiaga meyakini Piala Dunia U17 2023 dapat mendatangkan sekitar 150.000-200.000 wisatawan mancanegara.

Perkiraan tersebut tak terlepas dari keluarga para pemain yang juga bakal datang ke Indonesia.

"Karena FIFA World Cup U17 ini pasti akan datang dengan orang tuanya, keluarganya, jadi kami juga menawarkan promosi bagi negara-negara yang kalau kita lihat, yang masuk itu adalah negara-negara besar yang menjadi target market kita juga," jelasnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia U17 Bikin Media Vietnam Iri, Sebut Panggil Pemain Asing untuk Piala Dunia U17

Lebih lanjut, Sandiaga menegaskan penyelenggaraan pertandingan berskala dunia di Indonesia harus dimanfaatkan dan dioptimalkan.

Ia juga tidak mau lebih dulu pesimistis dengan gelaran Piala Dunia U17 yang secara gengsi kalah dari Piala Dunia yang diikuti oleh tim senior.

Politikus PPP itu juga mengatakan pertumbuhan pariwisata di Indonesia harus dilanjutkan dengan inovasi, termasuk pada ajang Piala Dunia U17 2023.

"Lompatan ini harus kita lanjutkan dengan beberapa inovasi-inovasi sehingga perhelatan-perhelatan olahraga internasional seperti ini manfaatnya dirasakan oleh masyarakat dan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja," terang Sandiaga.

Seperti yang diketahui, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah untuk menggantikan Peru yang dicabut haknya oleh FIFA karena persiapan yang belum selesai.

Pada ajang Piala Dunia U17 2023 bakal ada 24 tim nasional yang akan tampil memperebutkan trofi supremasi untuk turnamen kelompok umur.

Rencananya, Piala Dunia U17 akan digelar di Indonesia pada 10 November sampai 2 Desember 2023. 

Baca Juga: Jokowi soal Timnas Indonesia di Piala Dunia U17: Bisa Masuk Final dan Beri Target Juara


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x