Kompas TV olahraga sepak bola

Jokowi soal Timnas Indonesia di Piala Dunia U17: Bisa Masuk Final dan Beri Target Juara

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 12:29 WIB
jokowi-soal-timnas-indonesia-di-piala-dunia-u17-bisa-masuk-final-dan-beri-target-juara
Presiden Jokowi saat mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat (SJH) pada Rabu (12/7/2023) dalam lawatannya Presiden mengecek kesiapan SJH serta menyaksikan seleksi Timnas U17 Indonesia. (Sumber: KOMPAS.com/M. Elgana Mubarokah)
Penulis : Gading Persada | Editor : Desy Afrianti

SOREANG, KOMPAS.TV - Berstatus sebagai tuan rumah, petualangan Timnas Indonesia pada gelaran Piala Dunia U17 pada 10 November-2 Desember 2023 dipastikan tak mudah. Terlebih Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasang target juara bagi tim besutan Bima Sakti tersebut.

Soal target juara ini disampaikan langsung Presiden Jokowi saat memantau jalannya seleksi pemain bagi Timnas Indonesia proyeksi Piala Dunia U17 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/7/2023).

"Pertama bisa masuk penyisihan, syukur bisa masuk final, syukur bisa juara," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau Stadion Si Jalak Harupat.

Baca Juga: Senangnya Jokowi Lihat Stadion Si Jalak Harupat Selesai Diperbaiki: Piala Dunia U17 Direnovasi Lagi

Terkait seleksi pemain Timnas U17, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa hal itu dilakukan secara menyeluruh di 10 kota di Indonesia. 

"Ini saya tanya coach Bima Sakti berapa yang diseleksi, hari ini 187 pemain yang nanti akan diambil. Enggak tahu, Kalau nanti bagus semua, diambil 187. Satu, dua, tiga diambil," tutur Jokowi. 

Mengenai proses seleksi tersebut, Kepala Negara mengapresiasi langkah yang diambil federasi sepak bola Indonesia, PSSI, di bawah ketua umumnya Erick Thohir, yang memberikan kesempatan pada anak-anak muda untuk bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia U17.  

"Manajemen PSSI di bawah Pak Erick Thohir ada sebuah perubahan total sehingga saya ingin lihat," tutur Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memastikan Stadion Si Jalak Harupat sudah tuntas direnovasi untuk kepentingan persiapan Piala Dunia U17. Meski demikian, layak atau tidaknya stadion tersebut sebagai salah satu venue Piala Dunia U17 masih akan diperiksa lagi oleh badan sepak bola internasional (FIFA). 

"Saya senang proses renovasi telah selesai, tetapi nanti masih, dulu pernah dicek oleh FIFA tapi akan ada proses ulang lagi dari FIFA untuk yang U17 karena yang kemarin dicek untuk U20," ujarnya.


FIFA tentukan stadion yang dipakai untuk Piala Dunia U17

Lebih lanjut Jokowi menegaskan, dirinya tidak memiliki kewenangan untuk menentukan layak atau tidaknya Stadion yang ditunjuk oleh FIFA untuk gelaran Piala Dunia U17. Pria yang pernah menjadi Wali Kota Solo ini memberikan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada FIFA selaku federasi tertinggi sepak bola dunia. 

"Yang menentukan layak dan tidaknya (stadion untuk Piala Dunia U-17) FIFA, bukan Presiden," kata Jokowi.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023: Bima Sakti Bergerilya Cari Pemain Baru, Manfaatkan Turnamen Ini

Jokowi mengatakan tugasnya sebagai pemerintah hanya menyiapkan serta memperbaiki apa-apa saja yang kurang dan sesuai dengan standar FIFA. 

"Tugas kita menyiapkan, memperbaiki, merenovasi, kalau sudah FIFA ke sini siap ya berarti itu layak," ujarnya. 

Saat ini, kata dia, ada sebanyak 6 sampai 8 Stadion yang ditunjuk untuk menggelar event Internasional Piala Dunia U17. 

"Enam sampai delapan Stadion. Tapi nanti sekali lagi akan dicek," kata Jokowi.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x