Kompas TV lifestyle travel

Berapa Harga Tiket LRT Jabodetabek? Kemenhub Beberkan Besaran Tarifnya

Kompas.tv - 8 Juli 2023, 14:56 WIB
berapa-harga-tiket-lrt-jabodetabek-kemenhub-beberkan-besaran-tarifnya
Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) telah menetapkan besaran tarif naik LRT Jabodetabek. Namun, penetapan tarif ini baru akan resmi jika sudah terbit keputusan menteri (kepmen) perhubungan. (Sumber: Kompas.id/Helena Fransisca Nababan)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) telah menetapkan besaran tarif naik LRT Jabodetabek. Namun, penetapan tarif ini baru akan resmi jika sudah terbit keputusan menteri (kepmen) perhubungan.

Juru bicara Kementerian Perhubungan RI, Adita Irawati menyebut besaran tarif LRT Jabodetabek sebesar Rp5.000 untuk kilometer pertama. Per kilometer selanjutnya ditetapkan sebesar Rp700.

"Rp5.000 untuk kilometer pertama. Rp700 per km selanjutnya. Ini perhitungan yang dituangkan di kepmen," kata Adita, seperti dilansir Kompas.com, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga: Daftar Uji Coba LRT Mulai Senin, Tarif Cuma Rp1, Jangan Lupa Siapkan Kartu Uang Elektronik

Berdasarkan ketetapan belum resmi Kemenhub, tarif LRT Jabodetabek untuk jarak jauh diperkirakan Rp20.000 hingga Rp25.000.

Besaran itu tergantung penumpang mengambil jurusan akhir Stasiun Harjamukti Cibubur atau Stasiun Jati Mulya Bekasi.

"Ya kira-kira seperti itu, kan tergantung jaraknya," kata Adita.

Dia menambahkan, besaran tarif ini masih perlu finalisasi melalui kepmen. Setelah kepmen terbit, pihaknya baru menyosialisasikan besaran tarif LRT Jabodetabek ini ke publik.

"Pentarifan masih dalam finalisasi aspek hukumnya. Angkanya sudah ditetapkan, sekarang tinggal masalah administrasinya," kata Adita.

LRT Jabodetabek ini sedianya akan beroperasi secara penuh mulai 18 Agustus mendatang. Angkutan kereta ini disebut telah dinanti-nantikan oleh masyarakat Jabodetabek.

PT KAI sendiri akan menguji coba LRT Jabodetabek pada 12 Juli hingga 17 Agustus mendatang. Tarif LRT Jabodetabek yang dikenakan selama masa uji coba adalah Rp1.

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menyebut uji coba ini terbatas hanya untuk 600 penumpang dari tiga stasiun keberangkatan, yakni Stasiun Harjamukti Cibubur, Stasiun Jati Mulya Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas Jakarta.

"Dalam sehari kita siapkan 4 perjalanan dengan 150 penumpang setiap perjalanannya. Jadi kurang lebih ada 600 orang dalam setiap perjalannya," kata Kuswardojo, Kamis (6/7).

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, Ini Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek yang Cuma Bayar 1 Rupiah, Mulai 10 Juli


 




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x