Kompas TV lifestyle kesehatan

Cara Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Kurangi Sampah Plastik dengan 5 Langkah Ini

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 11:15 WIB
cara-memperingati-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2023-kurangi-sampah-plastik-dengan-5-langkah-ini
Cara memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day sebagai bentuk pengingat dan upaya untuk menjaga bumi.

Tahun ini, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah Solusi untuk Polusi Plastik dengan mengusung kampanye #beatplasticpollution.  

Sampah plastik sudah menjadi ancaman serius bagi lingkungan. Program Lingkungan PBB atau United Nations Environment Programme (UNEP) memproyeksikan ada 29 juta ton plastik masuk ke ekosistem perairan pada tahun 2040.  

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk berjuang melawan polusi sampah plastik yang kini telah menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan hingga kesehatan.  

"Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, saya menyerukan semua stakeholders untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi plastik," ujar Situ]i di Jakarta, Senin (5/6/2023) dikutip dari Antara.

Menteri Siti menuturkan polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak kepada setiap komunitas di seluruh dunia.

Baca Juga: Sejarah dan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Diperingati Tiap 5 Juni

Salah satu resolusi polusi plastik yang diangkat tahun ini adalah secara spesifik membahas tentang penanggulangan polusi plastik mulai dari sumber sampai berakhir di laut.

"Resolusi plastik ini langkah besar dalam upaya dunia memerangi polusi plastik, mengingatkan semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik yang ikut berperan dalam tiga jenis krisis yang melanda planet kita: perubahan iklim, kehilangan biodiversitas, dan polusi," kata Menteri Siti.

Bahaya Sampah Plastik

Berikut beberapa bahaya polusi plastik tidak hanya bagi lingkungan namun juga kesehatan manusia, dilansir dari bantenprov.go.id.

1. Memicu perubahan iklim

Dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya, plastik menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin memanas.

2. Mencemari lingkungan

Kantong plastik merupakan barang sekali pakai dengan kegiatan pasca-konsumsi yang tidak bertanggung jawab.

Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan:

• tersumbatnya selokan dan badan air;

• termakan oleh hewan;

• rusaknya ekosistem di sungai dan laut;



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x