Kompas TV kuliner cerita rasa

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner Selat Solo, dari yang Otentik Hingga Modifikasi

Kompas.tv - 16 November 2022, 06:10 WIB
rekomendasi-tempat-makan-kuliner-selat-solo-dari-yang-otentik-hingga-modifikasi
Selat solo. (Sumber: indonesia.go.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV – Solo atau Surakarta, dikenal sebagai kota yang kental akan budaya dan adat istiadat Jawa. Kota ini juga mempunyai berbagai makanan khas yang unik.

Untuk masakan kuliner khas Solo, rata-rata makanannya punya cita rasa gurih dan agak manis. Sebut saja salah satunya Selat Solo.

Selat Solo ini terdiri dari sayuran seperti wortel, buncis, selada, tomat timun juga kentang. Kemudian tokoh utamanya adalah daging. Bisa dibilang kuliner ini perpaduan bistik dan salad.

Namun, untuk dagingnya dimodifikasi dengan dicincang lalu dicampur sosis, tepung roti dan telur. Semuanya dicampur lalu dibungkus dengan daun pisang. Biasanya berbentuk lonjong seperti lontong.

Kemudian dikukus hingga matang. Daging yang sudah matang didiamkan hingga dingin. Setelah itu diiris tebal dan digoreng dengan sedikit margarin.

Selat Solo ini disajikan dengan kuah atau saus berwarna cokelat yang berasal dari kecap. Tak heran jika rasa yang ditawarkan manis, asam, dan gurih.

Nah, saat Anda berada di Solo bisa mencoba kuliner ini dengan beberapa tempat rekomendasi sebagai berikut.

Baca Juga: Yuk Cicipi Kuliner Solo Tiada Duanya, Ada Tiga Rekomendasi yang Patut Dicoba

1. Selat Mbak Lies (@selat.mbaklies)

Rasa-rasanya warung Selat Mbak Lies ini menjadi yang cukup populer di Solo karena sudah eksis sejak 1978. Lokasinya berada di Jl Veteran, Gg 2 No 42, Serengan, Kota Surakarta.

Selat khas warung Mbak Lies terkenal memliki perpaduan cita rasa gurih dan manis sekaligus. Isiannya terdiri dari lidah sapi, telur, kentang, wortel, buncis, dan mustard khas Belanda.

Menariknya lagi, warungnya juga sangat nyentrik karena dihiasi banyak ornamen dari keramik-keramik klasik koleksi Mbak Lies. Adapun satu porsinya untuk selat lidah dibanderol dengan harga Rp19.000 per porsi, sedangkan selat bestiknya dengan harga Rp16.000 porsi.

2. Selat Kusuma Sari (@kusumasarisolo)

Kusuma Sari Restaurant buka sejak 1970. Restoran ini menyajikan selat berbeda dari tempat lain karena menggunakan daging dari paha sapi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x