Kompas TV kuliner cerita rasa

Yuk Cicipi Kuliner Solo Tiada Duanya, Ada Tiga Rekomendasi yang Patut Dicoba

Kompas.tv - 11 November 2022, 19:06 WIB
yuk-cicipi-kuliner-solo-tiada-duanya-ada-tiga-rekomendasi-yang-patut-dicoba
Daerah Pasar Gede Solo dan sekitarnya. Makanan khas Solo tak lepas dari pengaruh keraton Surakarta yang selalu menjaga kelestarin dan menjalankan tradisinya dan di kawasan ini banyak ditemukan makanan tersebut. (Sumber: Kompas.tv/Natalia)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV – Makanan khas Solo tak lepas dari pengaruh Keraton Surakarta yang selalu menjaga kelestarin dan menjalankan tradisinya.

Berbagai cita rasa makanannya terbentuk dari akulturasi suku Jawa, Cina, dan Arab di masa penjajajahan mendiami Surakarta.

Ciri dari makanan khas Solo adalah penggunaan bumbunya. Sebut saja gulai dan satenya yang terpengaruh dari masakan Arab, serta timlo dan wedang dari masakan masyarakat Tionghoa.

Pada masa pendudukan Belanda pun ikut menginspirasi lahirnya makanan Selat Solo dan Bistik Lidah.

Rata-rata kuliner khas Solo pun mempunyai sita rasa gurih dan manis. Tentu karena masakan Solo didominasi oleh budaya Jawa, maka tidak heran bila terdapat beberapa kesamaan kuliner dengan daerah lain.

Rekomendasi makanan saat bertandang ke Solo yang patut dicoba utamanya ada tiga, nasi liwet, nasi timlo, dan selat solo.

Nasi Liwet

Nasi liwet (Sumber: Kompas.com)

Saat Anda berada di Solo, kuliner satu ini sangat mudah dijumpai karena ada di hampir setiap sudut kota. Melansir dari Gramedia.com, nasi liwet ini terdiri dari nasi gurih yang dipadukan bersama sayuran jipang, telur, daging ayam, santan kenal, opor serta beberapa bahan tambahan lainnya.

Baca Juga: Pasar Lawas 2022, Menikmati Kuliner Jadul di Kawasan Makam Raja-Raja Mataram Kotagede

Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Saat mencoba kuliner yang satu ini, aroma pertama yang tecium adalah wangi santan disusul aroma opor ayam yang menyeruak keluar dalam panci.

Rasanya benar-benar gurih dan sedikit manis. Semua bahan diolah sampai lembut dan kaya akan bumbu.

Selat Solo

Selat solo (Sumber: indonesia.go.id)


Sumber : Kompas TV, gramedia.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x