Kompas TV internasional kompas dunia

Fokus Perang di Utara Perbatasan, Anggaran Militer Australia Naik $50 Miliar Satu Dekade ke Depan

Kompas.tv - 17 April 2024, 18:05 WIB
fokus-perang-di-utara-perbatasan-anggaran-militer-australia-naik-50-miliar-satu-dekade-ke-depan
Proyeksi anggaran militer Australia akan meningkat $50 miliar dalam dekade mendatang, dengan fokus pada perang di utara perbatasan, dan peningkatan lebih dari $1 miliar untuk rudal jarak jauh, sistem penargetan, serta sistem otonom yang mematikan, seperti diumumkan Menhan Australia Richard Marles, Rabu, 17/4/2024. (Sumber: Australia Defence)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

CANBERRA, KOMPAS.TV - Proyeksi anggaran militer Australia akan meningkat $50 miliar dalam dekade mendatang, dengan fokus pada perang di utara perbatasan, dan peningkatan segera lebih dari $1 miliar untuk rudal jarak jauh dan sistem penargetan, serta sistem otonom yang mematikan, seperti diumumkan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles, Rabu (17/4/2024).

Menteri Pertahanan Richard Marles merilis Strategi Pertahanan Nasional yang dinantikan oleh Partai Buruh, yang bertujuan untuk menjadikan total pengeluaran pertahanan Australia mencapai 2,4 persen dari PDB dalam waktu sepuluh tahun.

  • Dokumen lengkap anggaran pertahanan Australia 2024 dan dokumen investasi pertahanan yang terintegrasi dapat dilihat disini

Ini berarti tambahan pengeluaran sebesar $5,7 miliar akan digunakan dalam empat tahun mendatang, menjadikan dana pertahanan mencapai 2,4 persen dari PDB pada tahun 2033/34.

Menteri Pertahanan Richard Marles juga akan mengubah prioritas pengeluaran yang telah direncanakan sebesar $72,8 miliar, dan memastikan fokusnya adalah pada "kekuatan pertahanan yang lebih amfibi" dengan fokus lokal, seperti yang diindikasikan dalam Tinjauan Strategis Pertahanan tahun lalu.

Total investasi pertahanan pemerintah dalam militer diperkirakan mencapai $330 miliar hingga tahun 2033-34, yang termasuk biaya awal inisiatif besar AUKUS untuk mengakuisisi kapal selam bertenaga nuklir.

Pembaharuan program investasi terpadu Pertahanan akan melihat pengeluaran hingga $76 miliar untuk "perang bawah laut" dan investasi besar lainnya dalam bidang luar angkasa dan siber.

"Strategi Pertahanan Nasional perdana ini menetapkan pendekatan yang jelas dan berprioritas dalam melindungi dari ancaman terhadap Australia dan kepentingan kita," kata Marles kepada National Press Club.

"Strategi Pertahanan Nasional menguraikan bagaimana kami mengubah ADF dan melengkapinya untuk bertahan dalam dunia yang jauh lebih tidak pasti."

"Reformasi transformasional ini dirancang untuk memastikan bahwa perdamaian, keamanan, dan kemakmuran dipertahankan di wilayah kami."

Baca Juga: Australia Pertimbangkan Akui Kemerdekaan Palestina

Latihan pasukan pendarat tentara Australia. Proyeksi anggaran militer Australia akan meningkat $50 miliar dalam dekade mendatang, dengan fokus pada perang di utara perbatasan, dan peningkatan lebih dari $1 miliar untuk rudal jarak jauh, sistem penargetan, serta sistem otonom yang mematikan, seperti diumumkan Menhan Australia, Richard Marles, hari Rabu, 17/4/2024. (Sumber: Australia Defence)

Fokus Pada Jalur Perdagangan Laut

Marles mengatakan fokus kegiatan pertahanan Australia harus "secara meyakinkan" pada wilayah Asia-Pasifik.

"Kita hanya harus membuat keputusan sulit untuk menjaga sebagian besar upaya kita di wilayah kita," katanya.

"Ini adalah apa yang akan dunia harapkan dari kita. Untuk membuat fokus lain akan membuat Australia tidak dianggap serius."

Dia menambahkan fokus utama Australia bukanlah perlindungan perbatasan Australia, tetapi lebih pada "memproyeksikan" kekuatan pertahanan lebih jauh ke Asia.

"Geografi keamanan nasional kita tidak terletak di garis pantai benua kita. Itu jauh lebih jauh." kata Marles.

"Penyerbuan terhadap Australia adalah kemungkinan yang tidak mungkin dalam setiap skenario karena begitu banyak kerusakan dapat dilakukan oleh musuh tanpa pernah harus menginjakkan kaki di tanah Australia."

Melindungi jalur perdagangan adalah tujuan utama yang dinyatakan dari rencana untuk mengakuisisi kapal selam bertenaga nuklir dalam kemitraan AUKUS.



Sumber : ABC Australia / SBS / Australia Defence


BERITA LAINNYA



Close Ads x