Kompas TV internasional kompas dunia

Netanyahu Disebut Berniat Seret Barat ke dalam Perang Timur Tengah

Kompas.tv - 17 April 2024, 12:50 WIB
netanyahu-disebut-berniat-seret-barat-ke-dalam-perang-timur-tengah
Menyusul serangan ratusan rudal dan drone Iran ke Israel, Minggu (14/4/2024), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan melakukan pembicaraan melalui telepon dengan sekutu terdekatnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Sumber: Kantor PM Israel via X)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

TEHERAN, KOMPAS.TV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu disebut berusaha menjebak negara-negara Barat untuk masuk ke dalam perang besar-besaran di Timur Tengah yang nantinya bakal menimbulkan konsekuensi serius bagi dunia.

Pandangan tersebut dikemukakan oleh diplomat Seyed Mehdi Hosseini Matin usai Iran melancarkan serangan udara kepada Israel pada akhir pekan lalu.

Matin menilai, jika Israel membalas serangan Iran, maka Iran akan melakukan serangan lagi yang lebih kuat, lebih besar, dan tanpa peringatan terlebih dulu.

“Respons terhadap kesalahan Zionis berikutnya tidak akan memakan waktu 12 hari. Hal ini akan diputuskan segera setelah kita melihat apa yang telah dilakukan oleh rezim musuh. Ini akan terjadi segera, dan tanpa peringatan. Ini akan menjadi lebih kuat dan lebih parah,” kata Matin dikutip dari The Guardian.

Saat ini, sejumlah negara Barat tengah berupaya agar tidak terjadi perang besar-besaran di Timur Tengah dengan meminta Iran dan Israel untuk tetap tenang.

Meski begitu, baik Amerika Serikat (AS) maupun Uni Eropa mengisyaratkan akan menjatuhkan sanksi kepada Iran atas serangannya terhadap Israel itu.

Lebih lanjut, Matin, yang menjabat sebagai diplomat senior Iran di Inggris sejak Februari 2022, membantah bahwa Iran melakukan kesalahan strategis dengan menyerang pangkalan militer Israel.

Pasalnya, serangan tersebut justru dinilai membuat perang di Gaza membesar ke konflik regional yang lebih luas.

Namun Matin berpendapat narasi tersebut merupakan upaya Israel untuk menjebak negara-negara Barat terseret ke dalam konflik Timur Tengah.

Padahal saat ini, Barat telah kehilangan kredibilitasnya di Timur Tengah yang pada akhirnya akan membuat AS meninggalkan kawasan tersebut, dan perdamaian hanya bisa dicapai oleh kekuatan-kekuatan regional saja.

Baca Juga: Menhan Israel Bilang Iran Tidak Memiliki Kemampuan untuk Menghalangi Militer Israel



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x