Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Temui PM Jepang Fumio Kishida, Dijanjikan Dukungan untuk Indonesia Masuk OECD

Kompas.tv - 3 April 2024, 19:53 WIB
prabowo-temui-pm-jepang-fumio-kishida-dijanjikan-dukungan-untuk-indonesia-masuk-oecd
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjabat tangan saat keduanya bertemu di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Jepang, Rabu (3/4/2024). (Sumber: Biro Humas Setjen Kemhan RI via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

TOKYO, KOMPAS.TV - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat. Kishida pun kembali mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024.

Kishida dilaporkan menyebut kunjungan Prabowo sebagai tanda pentingnya hubungan baik Indonesia-Jepang selama kepemimpinannya mendatang. Kishida dan Prabowo pun mendiskusikan berbagai isu dalam pertemuan di Tokyo tersebut.

“Kunjungan Presiden terpilih Prabowo Subianto yang tergolong awal ke Jepang ini merupakan pertanda baik karena hal tersebut menunjukkan niat Prabowo menegaskan pentingnya Jepang bagi Indonesia,” demikian rilis Kementerian Luar Negeri Jepang pada Rabu (3/4).

Baca Juga: Prabowo Subianto Bertemu Xi Jinping di Beijing, Bahas Masa Depan Bersama Masyarakat China-Indonesia

Dalam aspek hubungan bilateral, Kishida mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan kerja sama dengan Indonesia dalam aspek pembangunan infrastruktur dan energi, khususnya di saat hubungan Indonesia dan Jepang yang saat ini sudah mencapai tahap kerja sama komprehensif dan strategis.

“Jepang juga akan mendukung upaya Indonesia menjadi anggota OECD (Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi),” kata Kishida sebagaimana dikutip Antara.

Kishida pun dilaporkan berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Indonesia dalam aspek keamanan, khususnya usai Jepang memberikan satu unit kapal patroli untuk Indonesia pada Desember 2023 lalu.

Sementara itu, Prabowo disebut merasa terhormat dan menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama yang baik dengan Jepang di berbagai bidang, khususnya di bidang keamanan, pertanian dan perikanan, serta mitigasi bencana.

Kishida dan Prabowo juga saling bertukar pandangan mengenai isu kawasan seperti perkara Laut Timur dan Laut China Selatan, isu Korea Utara, serta perang saudara di Myanamar.

Dalam pertemuan tersebut, Kishida pun menyatakan komitmennya meneruskan kerja sama dengan Indonesia untuk mewujudkan hasil KTT ASEAN-Jepang Desember lalu.


Sebelumnya, Prabowo telah berkunjung ke China dan bertemu Presiden Xi Jinping. Kepada Prabowo, Xi menyebut China akan bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun suatu masyarakat China-Indonesia dengan masa depan bersama yang memiliki pengaruh global dan regional.

Baca Juga: Kesaksian WNI di Taiwan: Gempa Robohkan 3 Bangunan, Gempa Susulan Terus Dirasakan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x