Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Kunjungi Turki, Erdogan Diperkirakan akan Desak Perundingan untuk Akhiri Perang

Kompas.tv - 9 Maret 2024, 00:30 WIB
zelenskyy-kunjungi-turki-erdogan-diperkirakan-akan-desak-perundingan-untuk-akhiri-perang
Pertemuan Zelenskyy dan Erdogan tahun 2023. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berada di Istanbul,  Jumat (8/3/2024), untuk berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang diharapkan akan mendesak agar terjadi perundingan untuk mengakhiri perang Rusia di Ukraina, yang sudah memasuki tahun ketiga. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berada di Istanbul, Jumat (8/3/2024), untuk berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Turki adalah negara anggota NATO yang berusaha menjaga hubungan dekat dengan Kiev dan Moskow, serta sering kali menawarkan diri sebagai perantara perdamaian di antara keduanya.

Selama pembicaraan di Istanbul, Erdogan diharapkan akan mendesak agar terjadi perundingan untuk mengakhiri perang Rusia di Ukraina, yang sudah memasuki tahun ketiga, kata seorang pejabat pemerintah Turki.

Pembicaraan juga akan difokuskan pada langkah baru yang mungkin bisa menjamin keselamatan navigasi kapal dagang di Laut Hitam, kata pejabat tersebut secara anonim sesuai protokol pemerintah Turki.

Kunjungan ini dilakukan saat Zelenskyy terus mendorong negara lain untuk mengirim lebih banyak amunisi dan persenjataan guna menghentikan kemajuan pasukan Rusia yang merangsek lebih dalam ke bagian barat Donetsk yang dikuasai Ukraina dan juga menembus ke wilayah Kharkiv di utara.

Setelah serangan skala penuh Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, Turki menjadi tuan rumah pertemuan antara delegasi Rusia dan Ukraina serta pembicaraan yang tidak berhasil antara perunding dari kedua negara yang bertujuan mengakhiri pertikaian.

Pada tahun 2022, Turki, bersama dengan PBB, juga memediasi kesepakatan antara Rusia dan Ukraina yang memungkinkan pengiriman jutaan ton gandum Ukraina melalui Laut Hitam.

Namun, Rusia keluar dari kesepakatan tersebut tahun lalu, dengan alasan hambatan ekspor makanan dan pupuk.

Di Istanbul, Zelenskyy juga dijadwalkan mengunjungi galangan kapal di mana perusahaan-perusahaan Turki sedang membangun dua korvet untuk angkatan laut Ukraina, sesuai keterangan dari kantor Zelenskyy.

Zelenskyy terakhir kali mengunjungi Turki bulan Juli tahun lalu, ketika ia kembali ke Ukraina bersama sekelompok komandan Ukraina yang berada di Turki setelah kesepakatan pertukaran tahanan dan akan tetap berada di wilayah Turki sampai akhir perang.

Baca Juga: Erdogan: Turki Siap Kembali Jadi Tuan Rumah Perundingan Damai Rusia-Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan PM Yunani Kyriakos Mitsotakis saat berjalan di Odesa, Ukraina, Rabu (6/3/2024). (Sumber: Ukrainian Presidential Press Office via AP)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x