Kompas TV internasional kompas dunia

Dampingi Menparekraf, Dubes Heri Akhmadi Tegaskan Komitmen Pengembangan Industri Kreatif di Jepang

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 10:31 WIB
dampingi-menparekraf-dubes-heri-akhmadi-tegaskan-komitmen-pengembangan-industri-kreatif-di-jepang
Dubes Heri Akhmadi saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam pertemuan dengan perwakilan diaspora Indonesia di Jepang, di Wisma Duta, pada Senin, (4/3/2024). (Sumber: KBRI Tokyo)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Diaspora Indonesia di Jepang memainkan peran signifikan dalam meningkatkan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang, terutama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam pertemuan dengan perwakilan diaspora Indonesia di Jepang, di Wisma Duta, pada Senin, (4/3/2024).

“Diaspora Indonesia di Jepang berperan penting dalam penguatan hubungan Indonesia – Jepang. Pertemuan ini menjadi kesempatan berharga untuk berbagi gagasan, pengalaman, dan inisiatif yang dapat memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di Jepang,” ujar Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Meinarti Fauzie dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo. 

Baca Juga: Dubes Heri Akhmadi Ungkap Rangkaian Kegiatan Promosi KBRI Tokyo Jelang World Expo 2025 Osaka

“Saya meyakini kolaborasi antara pemerintah, perwakilan diaspora, dan pelaku bisnis akan menjadi kunci kesuksesan dalam memperluas pasar dan meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di Jepang. Saat ini KBRI Tokyo tengah mendorong didirikannya entitas sertifikasi Halal Indonesia di Jepang. Ini juga untuk mendukung promosi produk kuliner halal  Indonesia di Jepang bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia di Jepang,”  tambah Dubes Heri.

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada perwakilan diaspora Indonesia di Jepang atas kontribusinya dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kreativitas dan kolaborasi akan mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Tidak hanya Bali tetapi juga destinasi wisata prioritas  lainnnya. Saya yakin hubungan Indonesia - Jepang bisa semakin kuat," tegas Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga: Dubes Heri Ajak WNI di Jepang Jaga Suasana Kondusif dan Patuhi Aturan Pemilu 2024

Suasana acara yang penuh kehangatan dimulai dengan makan malam dan diakhiri dengan foto bersama. Percakapan antara perwakilan diaspora Indonesia, Dubes Heri Akhmadi, dan Menparekraf Sandiaga Uno juga berlangsung dengan santai dan interaktif.

"Terima kasih atas undangan dari KBRI Tokyo melalui acara dialog dengan Menparekraf. Kami berharap terus mendapat dukungan dalam promosi budaya Indonesia, karena kami kerap terlibat aktif dalam berbagai festival di Jepang di antaranya di sekolah Jepang. Kesempatan itu kami gunakan untuk ajang promosi Indonesia," ujar Wakil Ketua Umum PPI Jepang Prima Gandi.

Baca Juga: Sukses Raih 9 Medali, Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Atlet Paralimpiade Indonesia

Perwakilan diaspora Indonesia di Jepang yang hadir mencakup berbagai kelompok seperti agama, profesi, perempuan, dan komunitas lainnya.


 

Beberapa di antaranya termasuk Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ), Indonesia Community in Japan (ICJ), serta Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ).

Selain itu, turut hadir juga perwakilan dari BUMN Indonesia seperti BNI Tokyo, Pertamina, dan Garuda Indonesia di Tokyo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x