Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Heri Akhmadi Ungkap Rangkaian Kegiatan Promosi KBRI Tokyo Jelang World Expo 2025 Osaka

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 04:35 WIB
dubes-heri-akhmadi-ungkap-rangkaian-kegiatan-promosi-kbri-tokyo-jelang-world-expo-2025-osaka
Sesi foto bersama dalam acara Unveiling Design & Site Handover Ceremony Indonesia Pavilion Expo 2025 yang diselenggarakan di Imperial Hotel Osaka, Jepang pada Rabu (28/2/2024). (Sumber: KBRI Tokyo)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keterlibatan Indonesia dalam World Expo 2025 Osaka menandai momen bersejarah dalam kerja sama strategis yang luas antara Indonesia dan Jepang.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi saat mendampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam acara Unveiling Design & Site Handover Ceremony Indonesia Pavilion Expo 2025 di Imperial Hotel Osaka, Jepang pada Rabu (28/2/2024).

Dubes Heri yang didampingi Konsul Jenderal RI Osaka John Tjahjanto Boestami menjelaskan, komitmen Indonesia dalam ajang bergengsi ini merupakan tonggak sejarah dalam kemitraan strategis komprehensif Indonesia – Jepang yang memberi kontribusi positif untuk perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran regional dan global.

Dia juga mengungkapkan, Jepang sangat mendukung pengembangan ibu kota baru Indonesia, Nusantara, sebagai kota global ramah lingkungan dan cerdas.

Hasil kerja sama kedua negara akan mendukung pencapaian Visi Indonesia Emas 2045 dan strategi nasional Jepang Society 5.0.

Baca Juga: Kemlu Pastikan Kedubes Jepang di Indonesia Tak Keluarkan Peringatan tentang Ancaman Teror

“Jelang Osaka Expo 2025, sepanjang 2024, KBRI Tokyo akan menyelenggarakan sejumlah aktivasi Road to Osaka 2025 berupa rangkaian kegiatan promosi terpadu perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia di antaranya kegiatan The Enchanting Indonesia Evening, Indonesia – ASEAN Festival, serta Indonesia – Japan Friendship Festival,” kata Heri. 

Sementara Menteri Suharso mengatakan Paviliun Indonesia di World Expo 2025 mengusung tema "Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future".

Tema tersebut menitikberatkan pada komitmen Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan, yang mencakup implementasi ekonomi hijau dan ekonomi biru sebagai bagian dari upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs).

Baca Juga: Adaptasi Transportasi Baru, Dubes Jepang Beri Masukan untuk Indonesia

"Sebagai negara kepulauan terbesar, dihuni populasi keempat terbesar dan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, Indonesia telah melaksanakan berbagai strategi untuk mewujudkan SDGs," ungkap Suharso selaku Responsible National Authority dalam keikutsertaan Indonesia pada World Expo 2025 Osaka.

"Tahun lalu, laporan PBB menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pencapaian paling progresif dalam TPB/SDGs di antara negara berpendapatan menengah atas,” tambahnya.

Desain Paviliun Indonesia di World Expo 2025 Osaka mengambil bentuk perahu, menjadi simbol visual yang merepresentasikan pembangunan berkelanjutan dan melambangkan semangat eksplorasi terhadap potensi masa depan.

Konsep tersebut selaras dengan visi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 yang berjudul “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan”, yang bertujuan untuk merealisasikan Visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Dubes Jepang: Segeralah Coba MRT

Selain Dubes Heri dan Menteri Suharso, acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Osaka Hideyuki Yokoyama, Sekretaris Jenderal World Expo 2025 Osaka Hiroyuki Ishige, Konsul Jenderal RI Osaka, dan para komisioner jenderal dari negara-negara peserta Expo.

Terdapat juga 150 undangan yang terdiri dari pejabat pemerintah Jepang, perwakilan negara-negara sahabat di Jepang, pemimpin perusahaan, dan eksekutif dari berbagai media di Jepang.

World Expo 2025 dijadwalkan berlangsung di Osaka mulai 13 April hingga 13 Oktober 2025. Ajang tersebut memberikan panggung utama kepada Indonesia dan sejumlah negara lainnya untuk memperkuat kembali komitmen mereka dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x