Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Heri Ajak WNI di Jepang Jaga Suasana Kondusif dan Patuhi Aturan Pemilu 2024

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 01:35 WIB
dubes-heri-ajak-wni-di-jepang-jaga-suasana-kondusif-dan-patuhi-aturan-pemilu-2024
Dubes RI untuk Jepang mengadakan Dialog Awal Tahun bersama Perwakilan kelompok masyarakat dan diaspora Indonesia, di Wisma Duta pada Senin, (5/2/2024). (Sumber: KBRI Tokyo)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi, mengadakan Dialog Awal Tahun dengan perwakilan kelompok masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang, di Wisma Duta pada Senin, (5/2/2024).

Dalam acara tersebut, Dubes Heri Akhmadi selain memberikan pesan agar WNI di Jepang menjaga nama baik Indonesia juga mematuhi peraturan setempat. Selain itu, Dubes Heri juga mengajak semua pihak untuk menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam pernyataannya, Dubes Heri menekankan kepada teman-teman agar mematuhi semua aturan yang berlaku di Jepang. KBRI Tokyo sebagai fasilitator Pemilu 2024 di wilayah akreditasi tetap menjunjung tinggi prinsip netralitas, independensi, integritas, dan profesionalitas.

Baca Juga: Momen Menlu Retno "Walk Out" Saat Dubes Israel Beri Pernyataan di Dewan Keamanan PBB

"Kita sama-sama merantau di negeri orang. Artinya di sini kita harus perkuat silaturahmi dan persaudaraan,” ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya, Meinarti Fauzie, dan jajaran pejabat KBRI Tokyo lainnya, baik para Koordinator Fungsi, Atase Teknis maupun diplomat muda. 


 

“Jaga terus semangat cinta Indonesia dengan menjaga nama baik bangsa melalui taat peraturan, tidak melanggar hukum dan santun dalam berucap berlaku baik selama rekan-rekan semua tinggal di Jepang. KBRI Tokyo senantiasa siap membantu dan mendukung aktivitas komunitas diaspora Indonesia di Jepang. Jangan lupa lapor diri untuk memudahkan kami melaksanakan fungsi pelindungan,” tambahnya.

Baca Juga: Sidang Genosida Israel di Gaza Dimulai, Rakyat Afrika Selatan Nobar di Kedubes Palestina

Perwakilan kelompok masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang yang hadir melibatkan berbagai kelompok, seperti;

  • Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII),
  • Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI),
  • Komunitas Umat Budha Indonesia,
  • Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ),
  • Indonesia Community in Japan (IJC),
  • Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DPLN Jepang,
  • Wanita Indonesia Berkarya (WIB),
  • Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ),
  • Perwakilan Panwaslu Tokyo.

Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo, Makmur Lubis, memberikan apresiasi terhadap acara dialog diaspora ini, dan berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Majelis Ormas Islam Pimpin Aksi Bela Palestina di Depan Gedung Kedubes Amerika Serikat!

Sebelumnya, Dubes Heri menerima PPLN Tokyo di KBRI Tokyo. Pada kesempatan tersebut, PPLN Tokyo menyampaikan persiapan Pemilu. Berdasarkan data PPLN Tokyo, total daftar pemilih tetap mencapai 29.434 orang, dengan rincian 26.587 pemilih menggunakan surat suara pos dan 2.847 pemilih melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS).

PPLN Tokyo akan membuka tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) dalam Pemilu 2024 mendatang. Pemungutan suara dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 11 Februari 2024, sementara penghitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Februari 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x