Kompas TV internasional kompas dunia

Menhan Israel Paparkan Visi Militer untuk Hari Esok dalam Perang Gaza Jelang Kunjungan Blinken

Kompas.tv - 6 Januari 2024, 07:05 WIB
menhan-israel-paparkan-visi-militer-untuk-hari-esok-dalam-perang-gaza-jelang-kunjungan-blinken
Menhan Israel Yoav Gallant hari Kamis (4/1/2024) menjelaskan visinya untuk fase berikutnya perang di Gaza, menggambarkan pasukan Israel akan beralih ke pendekatan "perang baru" yang lebih terbatas di utara Gaza, sambil terus melawan Hamas di bagian selatan wilayah "selama diperlukan". (Sumber: Times of Israel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

RAFAH, KOMPAS TV - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menjelaskan visinya untuk fase berikutnya perang di Gaza, Kamis (4/1/2024). Ia menggambarkan bagaimana pasukan Israel akan beralih ke pendekatan "perang baru" yang tampaknya lebih terbatas di utara Gaza, sambil terus melawan Hamas di bagian selatan wilayah "selama diperlukan".

Menyongsong kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Yoav Gallant juga merinci usulannya tentang bagaimana Gaza akan dikelola setelah Hamas dikalahkan: Israel tetap mengendalikan keamanan, sementara badan Palestina yang dipandu oleh Israel mengurus administrasi sehari-hari, dan AS serta negara-negara lain mengawasi proses rekonstruksi.

Melansir Associated Press, Jumat (5/1/2024), Israel mendapat tekanan internasional yang kuat untuk menguraikan visi pasca-perang, namun hingga saat ini belum melakukannya. Isu ini kemungkinan akan menjadi agenda dalam pembicaraan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akhir pekan ini di Israel dan negara-negara lain di wilayah tersebut.

AS mendesak Israel untuk beralih ke operasi militer intensitas rendah yang lebih tepat di Gaza dalam mengincar Hamas, setelah hampir tiga bulan bombardir dan serangan darat yang merusak.

Ketidakpastian dalam banyak ketentuan yang dijelaskan oleh Gallant membuatnya sulit untuk menilai sejauh mana kesesuaiannya dengan desakan AS.

Dokumen yang dikeluarkan oleh Gallant berjudul "Visi untuk Fase 3" perang, dan kantor Gallant menyatakan bahwa fase tersebut belum dimulai. Mereka juga menyatakan ide-ide tersebut adalah gagasan pribadi Gallant dan bukan kebijakan resmi, yang harus ditetapkan oleh kabinet perang dan keamanan Israel.

Gallant, yang merupakan anggota dari kedua kabinet tersebut, mungkin bermaksud untuk menyajikan rencananya sendiri kepada pihak AS sebelum yang lain di koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang mungkin mendukung pendekatan yang lebih keras.

Baca Juga: Jumlah Warga Sipil Dibunuh Israel di Gaza Tembus 22.400 Orang, 15,700 Anak-anak dan Perempuan

Menhan Israel Yoav Gallant hari Kamis (4/1/2024) menjelaskan visinya untuk fase berikutnya perang di Gaza, menggambarkan pasukan Israel akan beralih ke pendekatan perang baru yang lebih terbatas di utara Gaza, sambil terus melawan Hamas di bagian selatan wilayah selama yang diperlukan,. (Sumber: AP Photo)

Visi Gallant

Pernyataan Gallant menegaskan perang akan terus berlanjut sampai kemampuan militer dan pemerintahan Hamas dieliminasi, dan lebih dari 100 tawanan yang masih ditahan kembali.

Di Gaza utara, Gallant menyebut pasukan akan beralih ke pendekatan baru yang mencakup serangan, penghancuran terowongan, "aktivitas udara dan darat, dan operasi khusus". Tujuannya adalah "erosi" dari keberadaan Hamas yang tersisa.

Belum ada informasi apakah penduduk utara Gaza, yang hampir seluruhnya telah dipindahkan ke selatan, akan diizinkan kembali.

Pernyataan tersebut tidak menjelaskan bagaimana pendekatan baru ini akan berbeda dari operasi saat ini, tetapi Gallant sebelumnya mengatakan itu akan berskala lebih kecil.

Israel mulai minggu lalu menarik sebagian pasukannya dari utara Gaza, di mana militer mengatakan telah mendapatkan kendali operasional setelah beberapa minggu pertempuran berat dengan Hamas. Namun, Gallant mengatakan beberapa ribu pejuang Hamas masih berada di sana.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x