Kompas TV internasional kompas dunia

Gelombang Pembersihan Jenderal di China Dipandang Puncak Kekuasaan Xi Jinping tapi Melemahkan

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 20:09 WIB
gelombang-pembersihan-jenderal-di-china-dipandang-puncak-kekuasaan-xi-jinping-tapi-melemahkan
Pada 29 Desember, para pembuat undang-undang terkemuka China memberhentikan sembilan perwira militer senior dari badan legislatif nasional, demikian dilaporkan oleh media negara, langkah yang biasanya menjadi tanda akan hukuman lebih lanjut bagi kader yang menyimpang. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS.TV - Sebuah pembersihan besar-besaran terhadap jenderal-jenderal China dipandang melemahkan Angkatan Bersenjata China, mengungkap korupsi yang sudah lama tertanam dan mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk diperbaiki, yang dapat memperlambat upaya modernisasi militer pemimpin China, Xi Jinping, di tengah ketegangan geopolitik, kata para analis.

Pada tanggal 29 Desember, para pembuat undang-undang terkemuka China memberhentikan sembilan perwira militer senior dari badan legislatif nasional, demikian dilaporkan oleh media negara, langkah yang biasanya menjadi tanda akan hukuman lebih lanjut bagi kader yang menyimpang.

Banyak dari mereka berasal dari Pasukan Roket, bagian kunci dari Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat (PLA) yang mengawasi misil taktis dan nuklir, seperti laporan yang dikutip Straits Times, Minggu, (31/12/2023).

Pembersihan ini merupakan kemunduran bagi Presiden China, Xi Jinping, yang menggelontorkan miliaran dolar untuk pembelian dan pengembangan peralatan sebagai bagian dari upaya modernisasinya untuk membangun militer "kelas dunia" pada tahun 2050, dengan anggaran pertahanan Beijing yang tumbuh lebih cepat daripada ekonomi selama beberapa tahun.

Namun, kejatuhan terbaru jenderal-jenderal dan pemasok peralatan militer telah melubangi beberapa aura ini, dan menimbulkan pertanyaan apakah telah ada pengawasan yang memadai terhadap investasi militer besar ini saat China bersaing dengan Amerika Serikat di wilayah kunci, termasuk Taiwan dan Laut China Selatan.

Sejak Xi berkuasa pada tahun 2012, ia telah memulai kebijakan keras anti-korupsi yang luas di antara anggota Partai Komunis dan pejabat pemerintah, dengan PLA menjadi salah satu target utamanya.

Sembilan jenderal PLA yang dikeluarkan dari legislatif berasal dari beberapa divisi militer; tiga di antaranya adalah mantan komandan atau wakil komandan Pasukan Roket PLA; satu adalah mantan kepala Angkatan Udara dan satu adalah komandan Angkatan Laut yang bertanggung jawab untuk Laut China Selatan. Empat perwira bertanggung jawab atas peralatan.

"Ini adalah tanda jelas bahwa mereka dipecat," kata Dr. Andrew Scobell, seorang fellow terkemuka untuk China di Institute for Peace AS.

Baca Juga: China Tunjuk Dong Jun Jadi Menteri Pertahanan, Eks Komandan Pasukan di Laut China Selatan

Mantan Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu. Pada tanggal 29 Desember, para pembuat undang-undang terkemuka China memberhentikan sembilan perwira militer senior dari badan legislatif nasional, demikian dilaporkan oleh media negara, langkah yang biasanya menjadi tanda akan hukuman lebih lanjut bagi kader yang menyimpang.(Sumber: AP Photo)

Lebih banyak kepala jenderal akan menggelinding

Beijing tidak menjelaskan mengapa para jenderal itu dipecat. Beberapa analis mengatakan bukti menunjuk pada korupsi dalam pengadaan peralatan oleh Pasukan Roket PLA.

"Lebih banyak kepala akan menggelinding. Pembersihan yang berpusat di sekitar Pasukan Roket belum selesai," kata Profesor Associate Alfred Wu dari Lee Kuan Yew School of Public Policy di Singapura.

Jenderal Wei Fenghe, mantan menteri pertahanan yang dulunya memimpin Pasukan Roket, juga menghilang.

Ketika ditanya tentang keberadaannya, juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan pada bulan Agustus bahwa militer tidak mentoleransi korupsi.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x