Kompas TV internasional kompas dunia

Diduga Miliki Hubungan dengan Dinas Keamanan Israel, Iran Eksekusi Empat Orang

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 17:01 WIB
diduga-miliki-hubungan-dengan-dinas-keamanan-israel-iran-eksekusi-empat-orang
Ilustrasi hukuman mati. (Sumber: shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Vyara Lestari

TEHRAN, KOMPAS.TV — Iran mengeksekusi empat orang dan menjatuhkan hukuman penjara kepada beberapa orang lainnya, Jumat (29/12/2023). Empat orang yang dieksekusi dituduh memiliki hubungan dengan dinas keamanan Israel, Mossad.

Mizan, situs berita yang berafiliasi dengan pengadilan negara tersebut, mengatakan tiga pria dan satu wanita dieksekusi pada Jumat pagi. Polisi mengidentifikasi pria tersebut sebagai Vafa Hanareh, Aram Omari, Rahman Parhazo dan wanita tersebut sebagai Nasim Namazi. Laporan tersebut tidak menyebutkan bagaimana eksekusi tersebut dilakukan, namun Iran biasanya menerapkan hukuman gantung.

Keempatnya didakwa menculik beberapa pasukan keamanan Iran untuk mendapatkan informasi intelijen. Mereka juga dituduh membakar mobil dan apartemen beberapa agen intelijen Iran.

Baca Juga: Iran: Serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober Bagian dari Pembalasan atas Pembunuhan Qasem Soleimani

Laporan itu juga mengatakan beberapa orang lain – yang bekerja dengan kelompok yang sama – masing-masing dijatuhi hukuman 10 tahun penjara, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.


Seperti dikutip dari The Associated Press, eksekusi ini terjadi kurang dari seminggu setelah dugaan serangan udara Israel yang menewaskan seorang jenderal berpangkat tinggi Iran di Suriah.

Iran dan Israel telah lama saling menuduh satu sama lain melakukan aktivitas spionase dan melancarkan perang bayangan selama bertahun-tahun.

Pada bulan November, Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan Iran melakukan eksekusi pada tingkat yang mengkhawatirkan, yang menewaskan sedikitnya 419 orang dalam tujuh bulan pertama tahun ini.

Baca Juga: Jenderal Iran Dibunuh Israel di Damaskus, Teheran Janjikan Pembalasan

Iran mengatakan pihaknya mengeksekusi mata-mata Mossad Israel awal bulan ini, yang dituduh menyebarkan informasi rahasia. Pada bulan Januari, mantan Menteri Pertahanan Iran-Inggris Ali Reza Akbari digantung karena dugaan kerja sama dengan Badan Intelijen Rahasia Inggris.

Pada tahun 2020, Iran mengeksekusi seorang pria yang dihukum karena membocorkan informasi ke AS dan Israel tentang seorang jenderal terkemuka Garda Revolusi Islam yang kemudian terbunuh oleh serangan pesawat tak berawak AS di Irak.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x