Kompas TV internasional kompas dunia

Blunder Israel Menyamakan Hamas dengan Teroris ISIS, padahal Perbedaannya Sangat Tajam

Kompas.tv - 30 November 2023, 07:41 WIB
blunder-israel-menyamakan-hamas-dengan-teroris-isis-padahal-perbedaannya-sangat-tajam
PM Israel Benjamin Netanyahu. (Sumber: Politico)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Selama perang terbaru di Gaza, klaim ini telah menjadi mantra Israel: Hamas adalah ISIS yang kemudian menjadi blunder atau kesalahan Israel sendiri. Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, pemimpin dan komandan Israel telah menyamakan kelompok militan Palestina ini dengan kelompok ISIS dalam hampir setiap pidato dan pernyataan publik.

Mereka menunjuk pada pembantaian ratusan warga sipil oleh Hamas dan membandingkan misi mereka untuk mengalahkan Hamas dengan kampanye mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah.

"Hamas adalah ISIS," deklarasi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu hanya sesaat setelah serangan. "Dan sama seperti kekuatan peradaban yang bersatu untuk mengalahkan ISIS, kekuatan peradaban harus mendukung Israel mengalahkan Hamas."

Namun, dalam banyak hal, perbandingan ini meleset karena mengabaikan asal-usul dan dukungan Hamas di dalam masyarakat Palestina serta menganggap gerakan yang sangat tertanam ini bisa dipadamkan seperti api semak.

Kesalahan perhitungan ini mungkin sudah membawa ekspektasi yang tidak realistis di Israel untuk meraih kemenangan.

Mereka juga membuat upaya perdamaian oleh AS dan mediator internasional lainnya menjadi lebih rumit untuk mengakhiri perang ini, yang telah menghancurkan Gaza, mengungsi lebih dari tiga perempat populasi, dan menewaskan lebih dari 15.000 warga sipil Palestina.

Berikut adalah tinjauan lebih mendalam tentang kampanye melawan kelompok militan yang sangat berbeda ini dan apa artinya untuk invasi darat Israel dan masa depan Gaza.

Baca Juga: PBB Desak Proses Solusi Dua Negara Palestina dan Israel, Yerusalem Jadi Ibu Kota Bersama


Apakah Hamas Sama dan Sebangun dengan ISIS?

Gambar-gambar kekerasan pada 7 Oktober mengingatkan pada adegan kekejaman yang dilancarkan oleh kelompok ISIS di Irak dan Suriah hampir satu dekade yang lalu.

Dalam serangan tak terduga, pejuang Hamas menyerbu komunitas Israel, membunuh seluruh keluarga saat mereka bersembunyi di rumah mereka, membakar orang hidup-hidup, dan menyandera sekitar 240 orang, termasuk orang tua dan anak-anak kecil.

Otoritas Israel mengklaim setidaknya 1.200 orang tewas, beberapa di antaranya dikatakan mengalami mutilasi begitu parah sehingga mereka belum diidentifikasi.

Dalam wawancara pada akhir Oktober dengan stasiun TV Lebanon, Ghazi Hamad, pejabat senior Hamas, mengatakan serangan pada 7 Oktober hanya "pertama kali" dan berjanji akan melakukan serangan serupa di masa depan untuk menghancurkan Israel.

"Kita harus menghukum Israel dan kita akan melakukannya lagi dan lagi," kata dia kepada saluran Lebanon, LBC.

Sementara kelompok ISIS juga melakukan pembunuhan mengerikan, termasuk pemenggalan kepala dan membakar tahanan hidup, di situlah banyak kesamaannya berakhir.

Kombatan ISIS sebagian besar berasal dari Irak dan Suriah, tetapi kelompok ini juga berhasil menarik ribuan rekrutan untuk gerakan jihad globalnya dari seluruh dunia, termasuk Eropa, Asia, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Uni Soviet bekas. Para asing ini sering tidak dapat berbicara dalam bahasa lokal, dianggap sebagai orang asing, dan tidak disukai oleh komunitas setempat.

Kelompok ini juga bertanggung jawab atas serangkaian serangan mematikan di seluruh Eropa, termasuk di Paris dan Brussels.

Baca Juga: Blinken ke Timur Tengah, Ingin Perpanjang Gencatan Senjata dan Pastikan Proses Kemerdekaan Palestina

Dalam pidato di Debat Majelis Umum PBB, hari Selasa waktu New York, (28/11/2023) Menlu Indonesia, Retno Marsudi, sambil terlihat geram menyoroti situasi kritis di Palestina, menantang Israel, menekankan pentingnya hukum internasional dan merinci rencana empat poin Indonesia untuk menanggapi krisis tersebut. (Sumber: Twitter/Menlu_RI)

Sebaliknya, Hamas adalah gerakan eksklusif Palestina. Anggotanya adalah orang Palestina dan ideologinya, meskipun keras, difokuskan pada pembebasan tanah yang dianggapnya diduduki oleh Israel dan bercita-cita menghancurkannya.

Meskipun dianggap sebagai kelompok teroris hanya oleh Israel dan sedikit sekutu Baratnya, serangan mematikan Hamas difokuskan pada target Israel.

Hamas merebut kendali Gaza dari Otoritas Palestina yang diakui secara internasional pada tahun 2007, setahun setelah mengalahkan penguasa Fatah dalam pemilihan legislatif.

Selama 16 tahun pemerintahannya, Hamas membangun sistem pemerintahan yang melibatkan tidak hanya sayap militernya tetapi juga puluhan ribu guru, pegawai negeri, dan polisi. Kelompok ini juga punya dukungan signifikan di Tepi Barat dan kepemimpinan yang diasingkan tersebar di seluruh dunia Arab.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x