Kompas TV internasional kompas dunia

Tokoh Anti-Islam Geert Wilders Menang Telak di Pemilu Belanda

Kompas.tv - 23 November 2023, 17:40 WIB
tokoh-anti-islam-geert-wilders-menang-telak-di-pemilu-belanda
Geert Wilders, pemimpin Partai Kebebasan yang dikenal sebagai PVV, menjawab pertanyaan dari media setelah pengumuman hasil awal pemilu umum di The Hague, Belanda, Rabu, 22 November 2023. (Sumber: AP Photo/Peter Dejong)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

DEN HAAG, KOMPAS.TV - Tokoh populis anti-Islam Geert Wilders meraih kemenangan besar dalam pemilu Belanda dengan hampir seluruh suara yang dihitung pada Kamis (23/11/2023) pagi. 

Hal ini menandai pergeseran mencolok ke sayap kanan untuk negara yang dulu dikenal sebagai simbol toleransi. 

Wilders diperkirakan akan memimpin perundingan untuk membentuk koalisi pemerintahan berikutnya dan mungkin menjadi perdana menteri sayap kanan pertama di Belanda, dengan Partai Kebebasan yang dipimpinnya diperkirakan memenangkan 37 kursi dari total 150 kursi parlemen.

"Saya harus mencubit lengan saya,” kata Wilders yang gembira dengan hasil yang diraihnya dikutip dari Associated Press.

Partai politik dijadwalkan menggelar pertemuan terpisah pada Kamis untuk membahas hasil pemilu sebelum proses pembentukan koalisi pemerintahan baru dimulai pada Jumat. 

Meskipun retorikanya keras, Wilders mulai mendekati partai sayap kanan dan tengah dengan menekankan bahwa kebijakannya akan sesuai hukum dan konstitusi. 

Program pemilu Wilders mencakup seruan referendum tentang keluarnya Belanda dari Uni Eropa, penghentian penuh penerimaan pencari suaka, serta penolakan terhadap migran di perbatasan. 

Dia juga menganjurkan "de-Islamisasi" di Belanda, menyatakan ketidakinginannya terhadap masjid atau sekolah Islam di negaranya, meskipun sikapnya terhadap Islam kali ini terbilang lebih lunak dibandingkan masa lalu.

Kemenangan Wilders kali ini didapat berkat kampanyenya untuk mengekang migrasi – isu yang menyebabkan koalisi pemerintahan terakhir mundur pada bulan Juli – dan mengatasi isu-isu seperti krisis biaya hidup dan kekurangan perumahan.

“Para pemilih berkata, 'Kami muak dengan hal itu. Sakit perut kami,'” katanya, seraya menambahkan bahwa ia kini menjalankan misi untuk mengakhiri “tsunami suaka,”.

“Belanda akan menjadi nomor satu lagi. Rakyat harus mendapatkan kembali bangsanya," tegas Wilders.

Baca Juga: Presiden Erdogan Marah Karena Disebut Teroris oleh Politisi Belanda Geertz Wilders



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x