Kompas TV internasional kompas dunia

Peringatan Keras Rusia: Pengosongan Gaza dari Warga Sipil Mengancam Pembentukan Negara Palestina

Kompas.tv - 5 November 2023, 20:05 WIB
peringatan-keras-rusia-pengosongan-gaza-dari-warga-sipil-mengancam-pembentukan-negara-palestina
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, hari Jumat (3/11/2023), memberi peringatan keras, pemindahan paksa penduduk Palestina dari tanah mereka di Gaza keluar dari Gaza adalah ancaman nyata pembentukan negara Palestina. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, hari Jumat (3/11/2023), memberi peringatan keras, pemindahan paksa penduduk Palestina dari tanah mereka di Gaza keluar dari Gaza adalah ancaman nyata pembentukan negara Palestina.

Dalam konferensi pers di Moskow usai bertemu Menlu Kuwait Salem Abdullah Al-Jaber Al-Sabah, Lavrov menyatakan, dalam hal ini, Palestina akan berakhir dalam "kehidupan tanpa hak apapun," seperti laporan Anadolu, Sabtu (4/11/2023).

"Kami sangat waspada terhadap rencana yang menghancurkan prospek pembentukan negara Palestina, dan mengakibatkan nasib warga Palestina terkungkung dalam keberadaan tanpa hak selamanya," kata Lavrov.

Lavrov menekankan implementasi rencana pemindahan paksa rakyat Palestina keluar dari Gaza tidak akan membawa perdamaian ke wilayah tersebut; sebaliknya, "angkara murka" akan segera tumbuh dan meledak.

"Oleh karena itu, sebelum ada lebih banyak tindakan sembrono, lebih baik berkumpul dan sepakati bagaimana melaksanakan keputusan Dewan Keamanan. Ini satu-satunya cara untuk memastikan perdamaian dan keamanan di wilayah yang sangat kompleks dan sensitif ini," kata Lavrov memperingatkan.

Rusia mendukung tindakan segera untuk mengamankan gencatan senjata secepatnya, membuka jalur kemanusiaan untuk mencegah korban lebih lanjut, dan memberikan bantuan penting kepada warga sipil yang terkena dampak, ungkapnya.

Baca Juga: Menteri Israel Ucapkan Seruan Genosida, Sebut Pihaknya Mungkin Jatuhkan Bom Nuklir di Gaza

Jumlah korban tewas Palestina akibat serangan militer Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza mencapai 9.227 orang, ungkap Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza hari Jumat, (3/11/2023), termasuk 3.826 anak-anak dan 2.405 perempuan, sementara 23.516 orang lainnya terluka. (Sumber: Anadolu)

Sementara itu, Menlu Kuwait mengatakan negaranya adalah salah satu negara pertama pengirim bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Hingga Jumat, 11 pesawat telah mengirimkan lebih dari 400 ton barang bantuan kepada warga Palestina.

Jumlah kematian akibat serangan Israel di Jalur Gaza telah mencapai 9.500, dengan lebih dari setengah dari korban adalah wanita dan anak-anak, seperti yang diumumkan oleh kantor media pemerintah di Jalur Gaza pada hari Sabtu.



Sumber : Anadolu / TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x