Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Unit Pasukan Marinir AS yang Menuju Perairan Palestina Jelang Serangan Darat Israel ke Gaza

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 13:35 WIB
inilah-unit-pasukan-marinir-as-yang-menuju-perairan-palestina-jelang-serangan-darat-israel-ke-gaza
Lapis baja Marinir AS. Unit Ekspedisi ke 26 Korps Marinir AS dalam perjalanan menuju perairan di dekat Palestina, terkenal memiliki sangat banyak pengalaman tempur dan cukup disegani lawan-lawannya. Pasukan ini berbasis laut, dengan kemampuan perencanaan, merespons krisis, integrasi senjata gabungan, dan interoperabilitas mereka dengan pasukan bersama, gabungan, dan operasi khusus. (Sumber: 26th Marine Expeditionary Unit / US Marines)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KUWAIT, KOMPAS.TV - Unit Ekspedisi ke 26 Korps Marinir AS mendadak berlayar menuju perairan di dekat Palestina usai secara tiba-tiba menghentikan latihan tempur dijadwalkan di Kuwait minggu lalu. Belum jelas operasi apa yang akan dilakukan pasukan ini karena sedang dalam perjalanan merespons perang antara Israel dan Hamas, yang pecah awal bulan ini.

Unit Pasukan Marinir atau 26th Marine Expeditionary Unit ini terkenal memiliki sangat banyak pengalaman tempur dan cukup disegani lawan-lawannya.

Inilah komposisi dan kemampuan pasukan tersebut, yang berlayar ke perairan Palestina menjelang serangan darat besar-besaran Israel ke Gaza, Palestina, seperti lapora Kompas.tv, Jumat, (20/10/2023).

Ketika kita membayangkan pasukan militer yang canggih dan tegas, Korps Marinir Amerika Serikat seringkali muncul di benak kita. Mereka adalah tentara elite yang terkenal karena keberanian, ketangguhan, dan mobilitas global mereka.

Namun, apa yang membuat Korps Marinir AS semakin menonjol adalah Marine Air-Ground Task Force (MAGTF) atau Gugus Tempur Udara dan Darat dari Korps Marinir AS, konsep organisasi utama yang memungkinkan mereka menjalankan berbagai misi militer dengan peluang keberhasilan besar.

Baca Juga: Unit Pasukan Tempur Marinir AS ke Perairan di Dekat Palestina Jelang Serbuan Darat Israel ke Gaza

Unit Ekspedisi ke 26 Korps Marinir AS dalam perjalanan menuju perairan di dekat Palestina, terkenal memiliki sangat banyak pengalaman tempur dan cukup disegani lawan-lawannya. Pasukan ini berbasis laut, dengan kemampuan perencanaan, merespons krisis, integrasi senjata gabungan, dan interoperabilitas mereka dengan pasukan bersama, gabungan, dan operasi khusus. (Sumber: US Marines)

MAGTF: Tulang Punggung Korps Marinir AS

MAGTF adalah struktur organisasi inti Korps Marinir yang memungkinkan mereka menjalankan misi militer dengan efektif di berbagai palagan medan perang.

Ini adalah kepanjangan tangan dari Korps Marinir AS, memberikan komandan tempur dengan kekuatan tempur yang dapat disesuaikan dan serbaguna.

Salah satu kemampuan utama MAGTF adalah kemampuannya untuk memberikan dukungan kepada sekutu, mencegah potensi ancaman, menjaga kehadiran AS di luar negeri tanpa banyak kehadiran di darat, dan merespons berbagai situasi, dari kontingensi hingga krisis dan konflik militer. Mereka adalah kekuatan gabungan yang terdiri dari unsur komando, darat, penerbangan, dan logistik.

Seorang komandan tunggal memimpin dan mengkoordinasikan tim gabungan ini melalui semua tahap pelatihan sebelum penugasan, pengerahan, dan pelaksanaan misi.

Setiap MAGTF disesuaikan sesuai dengan kebutuhan komandan tempur dan beroperasi sebagai satu kesatuan dalam domain udara, darat, laut, dan siber.

Baca Juga: AS Kirim Kapal Komando ke Dekat Palestina untuk Pimpin 2 Kapal Induk, Intervensi AS di Depan Mata?

Kapal induk Marinir USS Bataan. Unit Ekspedisi ke 26 Korps Marinir AS dalam perjalanan menuju perairan di dekat Palestina, terkenal memiliki sangat banyak pengalaman tempur dan cukup disegani lawan-lawannya. Pasukan ini berbasis laut, dengan kemampuan perencanaan, merespons krisis, integrasi senjata gabungan, dan interoperabilitas mereka dengan pasukan bersama, gabungan, dan operasi khusus. (Sumber: 26th Marine Expeditionary Force / US Marine)

Karakter Maritim dalam MAGTF

Karakter maritim dalam MAGTF adalah salah satu aspek yang membuat Korps Marinir begitu tangguh.

Mereka dapat dikerahkan di atas kapal amfibi atau melalui sarana lain, memberikan fleksibilitas strategis dan operasional yang lebih besar kepada pemimpin sipil dan militer AS. Ini juga meningkatkan mobilitas global, daya tahan, dan kekuatan mereka.

Salah satu komponen inti dalam MAGTF adalah Unit Ekspedisi Korps Marinir (MEU). Unit ini dikerahkan di atas Kelompok Kapal Amfibi (Amphibious Ready Groups/ARG) dan beroperasi secara terus-menerus di wilayah tanggung jawab berbagai Komandan Tempur Geografis (GCC).



Sumber : US Navy / The Hill / 26th Marine Expeditionary Unit


BERITA LAINNYA



Close Ads x