Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Anak Perempuan Internasional: Sejarah dan Pentingnya Peringatan Ini

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 08:30 WIB
hari-anak-perempuan-internasional-sejarah-dan-pentingnya-peringatan-ini
Ilustrasi Anak Perempuan. Hari Anak Perempuan Internasional adalah peringatan tahunan yang diakui secara internasional pada tanggal 11 Oktober (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Pada hari ini, Rabu 11 Oktober 2023 bertepatan dengan Hari Anak Perempuan Internasional. Sebagai peringatan tahunan yang diakui secara internasional pada tanggal 11 Oktober.

Peringatan ini bertujuan untuk memberdayakan anak perempuan, memperkuat suara mereka, dan mengatasi tantangan berbasis gender yang mereka hadapi, seperti pernikahan anak, akses terbatas terhadap pendidikan, kekerasan, dan diskriminasi.

Tema tahun ini adalah "Digital generation. Our generation." menyoroti ketidaksetaraan akses internet, dengan 2,2 miliar orang di bawah usia 25 tahun yang kebanyakan adalah perempuan tidak memiliki akses internet.

Dikutip dari NationalToday.com, berikut adalah sejarah Hari Anak Perempuan Internasional, cara memperingatinya, dan mengapa peringatan ini penting untuk dirayakan.

Sejarah Hari Anak Perempuan Internasional

Sejak 19 Desember 2011, dunia telah merayakan "Hari Perempuan Internasional" atau "Hari Perempuan" yang diperingati pada 11 Oktober. Resolusi ini diadopsi di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menghormati perempuan muda.

Deklarasi Beijing pada tahun 1995 menjadi tonggak penting dalam perjuangan hak perempuan dan perempuan muda. Ini adalah panduan pertama yang secara global mengakui perlunya mengatasi tantangan yang dihadapi oleh remaja perempuan di seluruh dunia.

Baca Juga: Sejarah Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day, Diperingati sejak 1911

Hari Perempuan Internasional bermula dari kampanye  “Because I am a Girl” yang digagas oleh organisasi non-pemerintah internasional, Plan International, pada tahun 2007.

Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang perlunya mendukung perempuan di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang di mana kondisinya seringkali sulit.

Fokus kampanye ini adalah merawat perempuan, mempromosikan hak-hak mereka, dan mengatasi kemiskinan.

Hari Perempuan Internasional muncul sebagai gagasan selama kampanye ini dan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah Kanada dan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada Konferensi Dunia tentang Perempuan di Beijing tahun 1995, negara-negara mengadopsi rencana tindakan untuk mendukung hak perempuan dan melindungi masa depan perempuan muda di seluruh dunia.



Sumber : NationalToday.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x