Kompas TV internasional kompas dunia

Lowongan Kerja Olimpiade Paris 2024! Ada Koki, Satpam dan Posisi Lain untuk Isi 16 Ribu Posisi

Kompas.tv - 27 September 2023, 07:10 WIB
lowongan-kerja-olimpiade-paris-2024-ada-koki-satpam-dan-posisi-lain-untuk-isi-16-ribu-posisi
Penyelenggara Olimpiade Paris dan mitra-mitra mereka menggelar pameran kerja besar hari Selasa (26/9/2023) untuk membantu mengisi sekitar 16.000 kekosongan di sektor-sektor kunci termasuk katering, keamanan, transportasi, dan kebersihan, 10 bulan sebelum pembukaan Olimpiade. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SAINT-DENIS, KOMPAS.TV - Penyelenggara Olimpiade Paris dan mitra-mitra mereka menggelar pameran bursa kerja atau job fair demi membantu mengisi sekitar 16.000 kekosongan di sektor-sektor kunci termasuk katering, keamanan, transportasi, dan kebersihan, 10 bulan sebelum pembukaan Olimpiade.

Sekitar 50 perusahaan sedang merekrut untuk dapat menyambut jutaan penonton dan lebih dari 14.500 atlet tahun depan untuk Olimpiade dan Paralimpiade.

Job fair ini diadakan di Saint-Denis, sebuah pinggiran utara ibu kota Prancis, di situs masa depan Desa Olimpiade. Para pencari kerja juga dapat melamar melalui situs web khusus, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Selasa (26/9/2023).

"Banyak peluang di seluruh Prancis, untuk Paris 2024 dan setelahnya, karena pasti ada juga pekerjaan yang akan tetap berlanjut setelah Olimpiade," kata Tony Estanguet, presiden komite penyelenggara Paris 2024.

"Kami akan menyambut dunia dalam 300 hari. Dan pasti kami sangat bertekad untuk berada pada tingkat terbaik," tambahnya.

Sebagai kawasan kelas pekerja, Saint-Denis yang multikultural juga merupakan salah satu tempat paling miskin di daratan Prancis, di mana tingkat pengangguran mencapai sekitar 10%, atau tiga poin di atas rata-rata nasional.

Komite Olimpiade bekerja sama dengan pemerintah dan otoritas setempat untuk mendorong perusahaan-perusahaan untuk mempekerjakan pekerja lokal dan orang-orang yang kurang beruntung.

Baca Juga: Serba-serbi Asian Games: Lebih Besar dari Olimpiade dengan Beragam Cabang Olahraga Regional

Penyelenggara Olimpiade Paris dan mitra-mitra mereka menggelar pameran bursa kerja besar hari Selasa (26/9/2023) untuk membantu mengisi sekitar 16.000 kekosongan di sektor-sektor kunci termasuk katering, keamanan, transportasi, dan kebersihan, 10 bulan sebelum pembukaan Olimpiade. (Sumber: AP Photo)

Bekerja untuk Olimpiade adalah sumber kebanggaan pribadi, tekan Estanguet.

"Ini juga adalah pengalaman profesional yang sangat langka, cukup luar biasa, yang saya kira akan bermanfaat bagi mereka yang perlu mencari pekerjaan," katanya. "Memiliki pengalaman Olimpiade di CV Anda tentu sangat berharga."

Rekrutmen ini mungkin terbukti menjadi tantangan, terutama di bidang-bidang di mana perusahaan-perusahaan negara ini sudah kesulitan untuk mengisi kekosongan pekerjaan, seperti restoran dan layanan keamanan.

Sodexo Live, yang bertanggung jawab atas katering selama Olimpiade, mencari tenaga untuk mengisi 6.000 pekerjaan. Perusahaan tersebut mencatat bahwa banyak pekerjaan tidak memerlukan kualifikasi khusus dan bahwa mereka yang direkrut akan diberikan pelatihan.

Elise Patry, yang bertanggung jawab atas komunikasi sumber daya manusia di Sodexo Live, mengatakan, "Kami merekrut untuk 14 lokasi perlombaan dan juga untuk Desa Olimpiade, di mana kami akan mendirikan restoran terbesar di dunia."

Sebanyak 3.000 pekerja diperkirakan diperlukan untuk membersihkan dan mengelola limbah. Grup metro dan kereta api Prancis RATP dan SNCF juga sedang merekrut orang-orang dengan kontrak jangka panjang untuk mengoperasikan transportasi selama Olimpiade.

Komite penyelenggara Olimpiade memperkirakan bahwa antara tahun 2018 dan 2024, lebih dari 181.000 orang akan bekerja secara langsung dalam hubungannya dengan penyelenggaraan Olimpiade.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x